Cegah Penyebaran Corona B117, Satgas Covid-19 Minta Masyarakat Patuhi Protokol Kesehatan

JABARNEWS | JAKARTA – Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito menyebut bahwa vaksin Covid-19 yang saat ini dimiliki Indonesia mampu mengatasi varian baru Covid-19 Inggris B117. Meski begitu, dia meminta masyarakat untuk menjaga kedisiplinan protokol kesehatan.

Menurutnya, sejumlah upaya yang harus terus dilakukan yaitu meliputi penerapan protokol kesehatan 3M, mulai dari mengenakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Hal tersebut sebagai upaya untuk mencegah dari paparan varian baru Covid-19 Inggris B117 itu.

Baca Juga:  Heboh Pasangan Muda Mudi Diduga Berbuat Mesum di Lembah Pajamben Banjar

“Kami meminta kepada masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan sebagai langkah pencegahan penularan Covid-19,” kata Wiku dikutip dari pikiran-rakyat.com, Jumat (5/3/2021).

Baca Juga:  Ini Kejutan Di Hari Ulang Tahun Said Aqil

Wiku mengungkapkan, berdasarkan analisa terakhir dari World Health Organization (WHO), disebutkan bahwa ada kenaikan kasus di 4 benua. Yaitu benua Amerika, Asia Tenggara, Eropa dan Mediterania Timur.

“Besar kemungkinan kenaikan kasus global ini terjadi karena disiplin protokol kesehatan di banyak negara mulai mengendur karena terlena dengan kedatangan vaksin,” ungkapnya.

Baca Juga:  Soal Jaminan Produk Halal di Kota Bandung, Yana Mulyana: Sangat Penting

Diberitakan sebelumnya, kabar munculnya varian baru Covid-19 Inggris jenis B117 di Indonesia, pertama kali diumumkan oleh Wamenkes dr Dante Saksono pada Selasa, 2 Maret 2021.

Mutasi baru virus Corona B117 terdeteksi masuk ke Tanah Air, hal itu terkonfirmasi melalui dua orang TKW asal Karawang, Jawa Barat. (Red)