BMKG Laporkan Gempa Guncang Aceh Dan Padang

JABARNEWS I ACEH – Badan Metereolodi, Klimatologi dan Geofisikan (BMK) mencatat terjadi gempa terjadi di Kabupaten Pidiejaya, Provinsi Aceh dengan magnitudo 2.5 SR, Sabtu (6/3/2021) sekira pukul 08.59 WIB.

Hasil analisis episenter gempa terletak pada kordinat 4.83 LU dan 96.03 BT. Pada jarak 33 KM arah Baratdaya Kabupaten Pidiejaya, Aceh pada kedalaman 19 Km di darat.

Sehari sebelumnya, Kabupaten Pidiejaya dilanda gempa dengan magnitudo 4.9 SR, Jumat (5/3/2021) sekira pukul 06.36 WIB. Pusat gempa terletak pada kordinat 4.89 LU dan 96.01 BT. Pada jarak 32 KM arah Baratdaya Kabupaten Pidiejaya, Aceh pada kedalaman 4 Km di darat.

Baca Juga:  Pergi ke Demak, Dedi Mulyadi Siap Jadi Jaminan Kasus Ibu Dipolisikan Anaknya

Dihari yang sama, gempa juga terjadi di kepulauan Mantawai, Provinsi Sumatera Barat dengan magnitudo 5.8 SR sekira pukul 14.32 WIB. Pusat gempa terletak pada kordinat 1.76 LS dan 99.14 BT. Pada jarak 54 KM arah baratlaut kepulauan Mantawai pada kedalaman 245 Km di darat.

Baca Juga:  Bandung Masih Sering Banjir, DPU Bikin Danau Retensi Lagi

Seorang warga Aceh, Asnani mengatakan, gempa yang terjadi dua hari belakangan ini tidak dirasakan warga Pidiejaya. Namun warga Pidiejaya trouma gempa dengan magnitudo 6.5 terjadi tanggal 7 Desember 2019 lalu mengakibatkan bangunan runtuh dan banyak korban jiwa.

“Mungkin karena magnitudonya kecil sehingga tidak dirasakan warga Aceh, dulu pernah gempa dengan magnitudo 6.5 banyak bangunan rusak dan korban jiwa,” ucapnya.

Baca Juga:  Langsung Punya Rumah Usai Resepsi Pernikahan? Bisa, Begini Caranya

Ditempat terpisah, Kordinator Manager Pusdalops-PB BPBD Kota Medan menjelaskan, gempa terjadi di Provinsi Aceh dan Sumatera barat diketahui dari situs resmi BMKG. Dari gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

“Hari dan semalam terjadi gempa di Aceh dan Sumatera barat dengan magnitudo 5.8 di kepulauan Mantawai,” bilangnya. (Ptr)