Sampah Laut dan Sungai Ancam Kerusakan Magrove di Pangandaran Lebih Parah

JABARNEWS | PANGANDARAN – Menumpuknya sampah Sampah laut dan sungai di kawasan mangrove baru di Muara Karangtirta, Desa Sukaresik, Kecamatan Sidamulih, Kabupaten Pangandaran, menjadi ancaman bagi kerusakan pohon mangrove yang lebih parah.

Ketua Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Pangandaran, Nana Suryana, mengatakan, setiap hari harus menyisir dan membersihkan sampah yang menumpuk di sekitar ke Muara Karangtirta. Pembersihan ini terus dilakukan untuk mencegah kerusakan ekosistem di kawasan tersebut.

Baca Juga:  Kemenhub Cabut Kapasitas Angkut Maksimal 70 Persen, Tertuang di SE Ini

“Penyisiran sampah dilakukan oleh anggota Tagana secara sukarela setiap hari sesuai jadwal petugas yang piket,” kata Nana dilansir dari inews, Minggu, (7/3/2021).

Nana menambahkan, kawasan Karangtirta ini dirintis sebagai kawasan hutan mangrove oleh pemerintah dengan luas areal hampir mencapai 4 hektare. Sementara lahan yang sudah ditanami mangrove sekitar 2 hektare. Penanaman mangrove di kawasan Muara Karangtirta dilakukan oleh kelompok masyarakat, organisasi, bahkan pemerintah secara berkala.

“Jumlah tanaman mangrove yang sudah ditanam sekitar 18.000 pohon. Sehingga perlu dilestarikan agar kawasan mangrove tetap terjaga,” ujarnya.

Baca Juga:  Presdir OMNI: WHO Prediksi 2030 Kematian Disebabkan Gaya Hidup

Rencana ke depan, kata dia, penanaman mangrove juga akan dilakukan di sekitar lokasi jembatan penghubung Cibenda-Karangtirta.

Akan tetapi, saat ini terkendala dengan sampah yang terbawa hanyut arus laut dan sungai yang bisa merusak tanaman. Sampah berupa ranting pohon, batang pohon pisang busuk dan plastik terus menjadi ancaman kelestarian di sekitar kawasan.

Baca Juga:  Rem Blong, Truk Muatan Keramik Terguling Saat Lintasi Turunan di Desa Ciloto

Sementara itu, pertumbuhan mangrove di kawasan Muara Karangtirta sudah bagus dengan tingkat kematian sangat rendah. Akan tetapi, tingkat kematiannya akan tinggi gegara sampah yang menumpuk.

“Pernah dari Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat melakukan penanaman mangrove 30.000 pohon, karena tidak ada pemeliharaan akhirnya punah terganggu oleh sampah,” tuturnya.

Nana optimistis, ke depan Muara Karangtirta bakal menjadi kawasan objek wisata hutan mangrove yang indah dan bisa mengundang banyak wisatawan. (Red)