Cipadung Jadi Kelurahan Tertinggi Kasus Covid-19, Ini Kata Satgas

JABARNEWS | BANDUNG – Kelurahan Cipadung, Kecamatan Cibiru, Kota Bandung ditetapkan sebagai kelurahan tertinggi kasus terpapar Covid-19 di Kota Bandung dengan 35 orang dinyatakan positif Covid-19. Hal itu menurut data dari covid-19.bandung.go.id pada Senin (8/3/2021).

Lukman Ependi Lurah Cipadung yang juga sebagai Ketua Satgas Covid-19 Kelurahan Cipadung membenarkan data tersebut. Menurutnya, angka penyebaran tertinggi di Kelurahan Cipadung ada pada klaster keluarga.

“Gini, ya. Di Cipadung itu kan, banyak kawasan perumahan, banyak klaster keluarga terjadi disitu,” kata Lukman saat ditemui JabarNews.com di Posko Terpadu Penanganan Covid-19 Kelurahan Cipadung, Senin (8/3/2021).

“Nah, para penghuni perumahan tersebut rata-rata banyak yang kerja di luar kota. Sebutkan lah, ada yang kerja di Jakarta, Bekasi, Bogor, Depok. Itu kan, kawasan zona merah semua. Terus mereka pulang ke sini (Cipadung), terjadilah klaster keluarga,” lanjutnya.

Baca Juga:  Indonesia Kedatangan 1,9 Juta Vaksin AstraZeneca, Masyarakat Diminta Tidak Menunda Vaksinasi

Lukman meneruskan bahwa hal itu terjadi akibat pasca dari hari libur Imlek. menurutnya, Kelurahan Cipadung sebelum hari libur Imlek hanya mencapai lima kasus orang terpapar Covid-19.

“Itu tuh, pas hari libur Imlek. Mereka yang kerja di luar kota itu pulang ke rumah, terjadilah klaster keluarga disitu,” jelas Lukman.

“Kami tegaskan ya, sebelum hari libur Imlek, jumlah terpapar Covid-19 di Cipadung hanya lima orang saja. Setelah Imlek, kok, angka kasusnya semakin naik saja. Kenaikan nya sampai hari ini yang menjadi angka tertinggi,” ungkapnya.

Lanjutnya, bahwa pihak Satgas Covid-19 Cipadung akan terus berupaya lagi dalam penanggulangan penyebaran Covid-19. Salah satunya dengan mengingatkan kepada masyarakat untuk terus mematuhi protokol kesehatan.

Baca Juga:  Tawarkan Investasi, Komplotan Penipu Berkedok Wisatawan Asing Beraksi di Bogor

“Sebelumnya, kami terus melakukan upaya dengan melakukan penyemprotan disinfektan ke setiap RT/RW. Membuat himbauan penutupan kafe diatas jam 9 malam, serta pembubaran masyarakat yang dianggap tidak menjaga jarak,” sebut Lukman.

“Bahkan, kami sampai membuat posko penanggulangan Covid-19 sampai tahap RT dan RW, loh. Dalam hal ini, masyarakat juga dituntut berperan penting dalam melawan Covid-19. Apalagi sekarang ditetapkan dengan angka tertinggi,” lanjutnya.

Sementara untuk menindaklanjuti kasus Covid-19 di Kelurahan Cipadung, Lukman akan terus memantau dan melakukan edukasi kepada masyarakat. Termasuk juga dengan melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait seperti Satgas Covid-19 Kota Bandung.

“Kita akan pantau dulu deh, selama seminggu. Kalau angkanya masih terus tinggi, nanti kami akan berkoordinasi dengan pihak terkait perihal penanggulangan nya,” tandas Lukman.

Baca Juga:  Duh, Sudah Tiga Bulan Guru Honorer di Bandung Belum Terima Honor

“Termasuk pelaksanaan PPKM Mikro di Kelurahan Cipadung. Apapun itu, kami nanti akan berkoordinasi dengan pihak Satgas Covid-19 Kota Bandung,” tutupnya.

Berikut 10 kelurahan di Kota Bandung dengan angka tertinggi kasus positif Covid-19.

  1. Kelurahan Cipadung 35 kasus positif.
  2. Kelurahan Antapani Kidul 35 kasus positif.
  3. Kelurahan Kujang Sari 33 kasus positif
  4. Kelurahan Sarijadi 31 kasus positif.
  5. Kelurahan Dago 29 kasus positif.
  6. Kelurahan Sadang Serang 29 kasus positif.
  7. Kelurahan Sukaraja 26 kasus positif.
  8. Kelurahan Gegerkalong 25 kasus positif.
  9. Kelurahan Batununggal 24 kasus positif.
  10. Kelurahan Pasirjati 23 kasus positif. (CR1)