Gali Potensi Ekonomi, Ridwan Kamil Jalin Kerja Sama Pengembangan Teknologi

JABARNEWS | BANDUNG – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menandatangani nota kesepakatan dengan Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Hammam Riza secara virtual dalam rangkaian Rakernas BPPT 2021. Penandatanganan tersebut tentang sinergitas, pengkajian, penerapan, dan pemasyarakatan teknologi di Jabar.

Ridwan Kamil menyambut baik kerja sama tersebut karena dapat membantu pemulihan ekonomi usai terpuruk akibat pandemi Covid-19 dengan pemanfaatan teknologi dan inovasi. Menurutnya, Covid-19 memaksa semua pihak untuk lebih adaptif sehingga diperlukan reorientasi pemikiran ke arah yang lebih baik.

Baca Juga:  4 Jasad Korban Kecelakaan Maut Tol Cipularang Teridentifikasi

“Kami oleh Covid-19 diminta untuk adaptif sehingga kami sudah melakukan reorientasi mindset atau pemikiran ke arah yang lebih baik,” kata Ridwan Kamil di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Senin (8/3/2021).

Dia mengungkapkan, ada tujuh potensi ekonomi baru Jabar yang membutuhkan dukungan dari BPPT. Pertama, Jabar sedang menyiapkan diri menjadi provinsi terbesar investasi level ASEAN.

Kedua, lanjut Ridwan Kamil, Jabar tengah mengejar target menjadi provinsi swasembada pangan. “Karena itu, kalau ada teknologi food security dan agritech, kami sangat membutuhkan,” ucapnya.

Baca Juga:  Oase Berikan Sentuhan Ibu Pada Program Pemerintah

Selain itu, ekonomi 4.0, ekonomi digital, ekonomi hijau dan pariwisata regional, menjadi potensi ekonomi baru Jabar. Ridwan Kamil berharap dari kerja sama tersebut, tujuh potensi ekonomi baru Jabar mendapat dukungan maksimal dari BPPT.

“Saya harapkan dari perjanjian ini dapat meningkatkan tujuh ekonomi tersebut. Mudah-mudahan didukung maksimal oleh BPPT kami harap temuannya bisa kami terapkan di daerah,” ungkapnya.

Saat ini, Jabar intens meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) sehingga indeks inovasi daerah bisa terus bersaing. Ridwan Kamil menuturkan, ada lebih dari 600 perguruan tinggi negeri dan swasta di Jabar.

Baca Juga:  Giga FC Kota Metro vs Black Steel Manokwari: Menang 1-6, Ronal Drion Cetak Dua Gol

Harapannya, di tahun 2045, mayoritas penduduk usia muda di Jabar bisa kompetitif, berdaya saing, dan inovatif. “Kami terus kembangankan SDM agar indeks inovasi daerah bisa terus bersaing dan menyiapkan penduduk usia muda Jabar tahun 2045 agar betul-betul bisa kompetitif, tangguh, produktif, inovatif, dengan teknologi,” tutupnya. (RNU)