La Nyalla Apresiasi Mahasiswa di Garut Bisa Lakukan Modernisasi Bisnis UMKM

JABARNEWS | GARUT – Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti mengapresiasi ide kreatif sejumlah mahasiswa di Garut yang melakukan moderenisasi bisnis gula merah dalam rangka membantu UMKM bangkit dari dampak pandemi COVID-19.

“Kreativitas pemuda Garut itu diaplikasikan melalui KKN dengan melakukan modernisasi bisnis gula merah yang menjadi basis ekonomi masyarakat melalui UMKM,” ujar LaNyalla dalam keterangannya, Senin (8/3/2021)

Ia menyampaikan ide kreatif itu muncul dari sejumlah mahasiswa STIE Yasa Anggana yang sedang melaksanakan kuliah kerja nyata (KKN) di Desa Cigadog, Kecamatan Sucinaraja.

Baca Juga:  Pengusaha Tata Rias Dituntut Untuk Melek IT Dan Digital Marketing

Menurut LaNyalla, sejauh ini Kabupaten Garut merupakan salah satu daerah yang cukup krearif dan cukup maju UMKM-nya.

Mantan Ketua Umum Kadin Jawa Timur itu memahami jika dalam dunia pemasaran, packaging yang sederhana cukup menyulitkan suatu produk untuk dipasarkan.

“Kemasan merupakan salah satu faktor penting yang akan ikut menentukan apakah produk tersebut menarik untuk dibeli atau tidak, selain faktor rasa, harga dan indikator lainnya. Dengan kemasan menarik, tentu akan membuat gula aren produk UMKM semakin dilirik masyarakat,” tutur dia.

Baca Juga:  Inilah Karomah Utsman bin Affan Selaku khalifah

Dengan kemasan praktis, ia menilai produk gula aren masyarakat terlihat estetis yang memantik perhatian konsumen. Selain itu, para mahasiswa tersebut juga mengajarkan model pemasaran yang tidak bergantung kepada model konvensional.

“Tentu kita mendukung dan memberikan apresiasi kegiatan pengabdian masyarakat yang kini mulai langsung dirasakan dampak positifnya oleh masyarakat. Mahasiswa langsung mengaplikasikan disiplin ilmu mereka di tengah-tengah masyarakat,” tutur alumnus Universitas Brawijaya Malang itu.

Baca Juga:  Budaya Dan Kekinian Di Galuh Pakuan

Menurut LaNyalla, apa yang sudah dipraktikkan oleh perguruan tinggi STIE Yasa Anggana turut membantu perekonomian warga melalui KKN.

Senator asal Dapil Jawa Timur itu berharap perguruan tinggi lain juga dapat secara langsung mengimplementasikan disiplin ilmu yang diajarkan kepada mahasiswanya langsung kepada masyarakat.

“Saya berharap model pengabdian semacam ini diperluas lagi pada bidang ilmu yang lainnya, seperti penerapan teknologi atau industri pada IKM,” harap LaNyalla. (Red)