Berziarah Ke Makam Mamah Sempur Sebagai Tempat Wisata Religi Purwakarta

JABARNEWS | BANDUNG – Purwakarta Merupakan salah satu dari sekian lokasi di Jawa Barat yang memiliki beragam destinasi wisatanya. Kabupaten Purwakarta sendiri memang sudah harus masuk kedalam daftar tempat yang akan kalian kunjungi.

Selain bisa menjadi tempat untuk kalian bersenang-senang, Kabupaten Purwakarta bisa juga menjadi tujuan destinasi Wisata Religi. Bagi kalian yang senang dengan wisata religi, Makam Mama Sempur Plered bisa menjadi alternatif untuk dikunjungi.

Berlokasi di Jalan Raya Sempur No. 18, Desa Sempur, Kecamatan Plered, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Mama Semput atau Bernama asli KH. Tubagus Ahmad Bakri bin Tubagus Seda ini lahir di citeko, Plered Kabupaten Purwakarta pada tahun 1269 Hijriah.

Baca Juga:  Dedi Mulyadi Dampingi Ketum Golkar Raih Anugerah Doktor Honoris Causa di Korsel

Sebutan Mama Sempur berasal dari istilah dari bahasa sunda yakni rama artinya Bapak. Di kalangan masyarakat Jawa Barat, kata Mama ini biasanya disematkan kepada Ajengan atau Kiai sehingga sebutannya menjadi Mama Ajengan atau Mama Kiai. Sementara Sempur adalah sebuah desa yang ada di Kecamatan Plered, Purwakarta.

Baca Juga:  Simak! Ada Peningkatan Efektivitas PPKM Mikro di Bekasi, Ini Aturannya

Salah satu wisata religi Purwakarta ini biasanya setiap tahun sekali selalu ramai dipadati peziarah puncak Haul (memperingati wafat) Mama Sempur yang jatuh pada tanggal 27 hapit atau (Dzuqaidah).

Peziarah datang dari berbagai tempat di Pulau Jawa, bahkan ada yang dari luar Pulau Jawa, mengingat betapa berjasanya tokoh ulama Mama Sempur ini di saat masih hidup. Selain berziarah, pengunjung juga bisa berbelanja berbagai macam aksesoris dan pakaian muslim yang selalu dijajakan penjual di sekitaran akses menuju makam.

Baca Juga:  Kenali Ini! Berikut Penyakit Yang Biasa Menyerang Lidah

Para penjual mengaku berkah dapat berjualan di sekitaran lokasi makam, apalagi jika mendekati puncak haul Mama Sempur, lokasi pasti padat pengunjung. Pengunjung masih bisa melakukan kunjungan ziarah ke Makam Mama Sempur ini di hari-hari biasa, karena lokasi wisata religi ini terbuka setiap hari. (Mal)