Gempa Bumi Magnitudo 3,9 Guncang Nias Barat, Tidak Potensi Tsunami

JABARNEWS | NIAS BARAT – Gempa dengan magnitudo 3,9 terjadi di Kabupaten Nias Barat, Provinsi Sumatera Utara, gempa tidak berpotensi tsunami, Selasa (9/3/2021) sekitar pukul 15.15 WIB.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat analisis menunjukkan episenter gempa terletak pada koordinat 0.52 LU dan 97.14 BT. Tepatnya di laut pada jarak 62 KM arah Barat Daya, Kabupaten Nias Barat, pada kedalaman 23 Km.

Baca Juga:  Musim Kemarau, Dinkes Karawang Waspadai Penyebaran Penyakit

Warga Nias, J Zebua mengatakan, pada tahun 2021 sudah terjadi beberapa kali gempa di Kabupaten Nias. Tapi gempa dengan magnitudo kecil tidak, getaran gempa tidak berpengaruh terhadap bangunan dan air laut.

Baca Juga:  Puskesmas Naringgul Cianjur Raih Rekor MURI Pendataan Keluarga Serentak

“Getaran gempa tidak dirasakan warga sekitar, bahkan tidak ada tanda terjadinya tsunami, mengingat pulau Nias dikelilingi lautan,” ucapnya.

Ia minta pemerintah agar memberikan informasi setiap terjadi gempa sehingga masyarakat dapat mengantisipasi dan waspada apabila terjadi gempa di Kabupaten Nias.

Baca Juga:  FishOn, Aplikasi Kemaritiman Menuju Satu Juta Nelayan Berdaulat

“Pemerintah daerah tidak mengkonfirmasi ya terjadinya gempa, masyarakat mengetahui gempa setelah membaca berita di media,” bilangnya. (Ptr)