Indonesia Best BUMD Award 2021 Anugerahi Penghargaan Untuk Enam Perusahaan Ini

JABARNEWS | BANDUNG – Indonesia Best BUMD Award 2021 menganugerahi Penghargaan untuk enam Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Jawa Barat dengan kategori yang berbeda-beda.

Keenam BUMD Jabar tersebut yakni PT Agro Jabar, PT Jasa Sarana, PT Jaswita, PT Migas Hulu Jabar, PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk. (bank bjb), dan PT Tirta Gemah Ripah (Tirta Jabar).

Kepala Biro BUMD dan Investasi Sekretariat Daerah (Setda) Jabar, I Gusti Agung Kim Fajar Wiyati Oka mengatakan, penghargaan tersebut merupakan penilaian dari Lembaga Penilai Eksternal yaitu Warta Ekonomi.

Baca Juga:  Nasib Bandung Zoo Ditutup, Rusa Terancam Jadi Pakan Harimau

Penilaian didasarkan pada Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dan Peraturan Pemerintah Nomor 54 tahun 2017 tentang Badan Usaha Milik daerah.

Dalam ketentuan tersebut, BUMD harus mampu menggerakkan perekonomian regional di berbagai sektor pembangunan, memberikan manfaat kepada masyarakat, dan memperkuat fiskal daerah.

“Pencapaian tersebut merupakan effort dari kegiatan usaha yang telah dilakukan secara berkesinambungan sejak 2018 sebelum pandemi Covid-19 atas kinerja yang dilakukan BUMD Jabar,” ucap Agung, Kamis (11/3/2021).

Baca Juga:  Ini Alasan Cak Imin Tak Daftar Bacaleg, Ternyata...

Agung menjelaskan, kinerja tersebut dimulai dari seleksi Sumber Daya Manusia yang terbuka dan profesional. Kemudian, komitmen rencana bisnis dan evaluasi kinerja menjadi indikator penilaian, termasuk fasilitasi kepada BUMD.

“Hal tersebut terlihat dari peran BUMD dalam menjalankan program-program daerah berjalan dengan baik serta terus melakukan inovasi layanannya melalui berbagai program dan inovasi,” ungkapnya.

“Program dan inovasi tersebut untuk menangani perbaikan sektor-sektor di Jabar, seperti pembiayaan dalam berbagai segmen pelaku ekonomi, infrastruktur, investasi, pertanian, sektor hulu migas, sistem penyediaan air minum, dsb, serta melakukan sinergitas baik antar BUMD maupun dengan BUMN dan swasta,” tambahnya.

Baca Juga:  Kabar Baik untuk Guru Honorer, Tahun Ini Kemendikbud Buka Ratusan Ribu Formasi PPPK

Sebagai pembina BUMD Jabar, Agung berharap BUMD Juara dengan tiga konsep, yakni sehat, besar, dan berkontribusi terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD), dapat terwujud.

“Dalam hal ini, pemerintah sebagai akselerator dan regulator yang ingin BUMD kedepannya lebih profesional serta menjadi motor penggerak perekonomian di daerah,” tandasnya. (Red)