Terima Penghargaan Penanggulangan Bencana, Ini Kata Uu Ruzhanul Ulum

JABARNEWS | BANDUNG – Pemerintah Provinsi Pemprov Jawa Barat menerima Penghargaan Bidang Penanggulangan Bencana Kategori Pemerintah Daerah Tingkat Provinsi dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Menurut Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum, penghargaan ini karena dinilai memiliki kinerja tinggi dan sinergi yang baik dengan kabupaten/kota.

Jabar mendapat penghargaan bersama 13 provinsi lain, di antaranya NTT, Kepulauan Bangka Belitung, Jateng, DKI Jakarta, Aceh, dan Papua. Selain tingkat provinsi, BNPB juga memberi penghargaan kepada pemkab/pemkot.

Kabupaten Bekasi menjadi satu-satunya di Jabar yang mendapatkan pengharagaan serupa. Kabupaten Bekasi bersanding di antaranya dengan Kabupaten Aceh Besar, Kabupaten Banjar, Kabupaten Tanah Laut, Kabupaten Maluku Tenggara, dan Kabupaten Tabanan.

Baca Juga:  Driver Online Jadi Sasaran kekerasan di Purwakarta, Begini Kesaksian Pelaku

Wagub bangga atas prestasi yang diraih Pemprov Jabar. Menurutnya, pencapaian ini tak lepas dari peran BPBD Jabar bersama timnya yang fokus menjalankan tupoksinya.

“Penghargaan dari tingkat nasional ini tidak main-main. Ada tingkat penilaian tersendiri tentang kinerja sesuai dengan tupoksi yang ada,” kata Uu Ruzhanul Ulum, Kamis (11/3/2021).

Baca Juga:  HA-IPB Salurkan Bantuan Beras serta BLT

Namun, lanjut dia, Jabar tidak boleh terlena dengan dengan penghargaan. “Keberhasilan ini bukan berarti kami senang dengan adanya bencana. Mudah-mudahan tahun mendatang bencana bisa menurun,” tuturnya.

Menurutnya, frekuensi bencana yang cenderung meningkat di Jabar akhir-akhir ini harus jadi pengingat untuk memperbaiki mindset masyarakat. Manusia, katanya, banyak melakukan pembangunan secara sembrono dengan cara menebang pohon dan membuang sampah sembarangan.

“Kenapa bencana sekarang frekuensinya meningkat, mungkin saja karena masyarakat tidak terlalu mencintai lingkungan,” ucapnya.

Baca Juga:  Jika Laga Ujicoba Lawan PSS Tanpa Penonon, Persib: Tak Masalah

“Masyarakat tolong cintai lingkungan dengan cara kita tidak merusak lingkungan sehingga bencana tidak terjadi,” tambahnya.

Kepala BNPB Doni Monardo meminta Pemdaprov Jabar meningkatkan kewaspadaan terutama di daerah rawan longsor. Menurutnya, pelatihan kebencanaan di lokasi rawan bencana harus lebih sering dilakukan.

“Mohon atensi untuk Jabar, cuaca masih hujan. Tolong diingatkan daerah-daerah yang rawan longsor agar dilatih semakin baik, sehingga ketika terjadi curah hujan tinggi dan longsor maka tidak terjadi korban jiwa,” tutupnya. (RNU)