Gempa Landa Tiga Daerah di Sumatera Utara, Masyarakat Diminta Waspada

JABARNEWS I SIBOLGA – Badan Metereolodi, Klimatologi dan Geofisikan (BMKG) melaporkan gempa bumi terjadi disejumlah wiayah di Provinsi Sumatera Utara, Jumat (12/3/2021).

Hasil analisis BMKG menunjukkan terjadi gempa di Kabupaten Sibolga, Sumatera utara sekira pukul 02.53 WIB dengan magnitudo 2,5 SR. Episenter terletak pada kordinat 1.25 LU dan 96.45 BT jarak 65 KM Barat Daya, Kabupaten Sibolga dengan kedalaman 26 Km.

Baca Juga:  Emil: Penegakan HAM Bukan Hanya Amanah Konstitusi

Gempa kembali terjadi di Kabupaten Karo, Sumatera utara sekira pukul 07.42 WIB dengan magnitudo 2,98 SR. Episenter terletak pada kordinat 1.25 LU dan 98.64 BT jarak 20 KM Tenggara Kabupaten Karo dengan kedalaman 5 Km.

Hari sebelumnya, gempa juga terjadi di kabupaten Toba Samosir dengan magnitudo 1,5 SR, Kamis (11/3/2021) sekira pukul 20.22 WIB. Episenter terletak pada kordinat 2.45 LU dan 98.85 BT jarak 18 Km Baratlaut, Kabupaten Toba Samosir dikedalaman 1 Km perairan danau Toba.

Baca Juga:  Ketua DPR RI Puas Pengamanan Mudik 2018

Kordinator Manager Pusdalops-PB BPBD Kota Medan, Nurly menjelaskan, terjadi gempa disejumlah daerah di Sumatera Utara hasil laporan situs resmi BMGK, gempa tidak berpotensi tsunami.

“Dari laporan BMKG terjadi gempa di Sumatera Utara, namun tidak berpotensi tsunami,” ucapnya.

Baca Juga:  Kebudayaan, Potensi Daya Tarik Pariwisata di Kota Bandung

Kepala BPBD Kabupaten Karo, Natanael Parangin angin mengatakan, gempa yang terjadi di Kabupaten Karo tidak ada laporan dari masyarakat yang merasakan getaran atau kerusakan bangunan disebabkan terjadinya gempa.

“Sampai saat ini belum ada laporan disebabkan gempa, namun kita minta masyarakat agar waspada baik terkait gempa atau erupsi gunung Sinabung,” ujarnya.(Ptr)