Beribadah Sambil menikmati Keindahan Masjid Sebagai Destinasi Wisata Religi Aceh

JABARNEWS | BANDUNG – Aceh merupakan provinsi paling Barat Indonesia yang ibukotanya terletak di Banda Aceh. Provinsi ini merupakan salah satu daerah di Indonesia yang diberi status sebagai daerah istimewa dan juga diberi kewenangan otonomi khusus.

Provinsi yang dijuluki Serambi Mekkah ini menjadi daerah yang tepat untuk wisata bernuansa Islami, sebab Aceh merupakan tempat pertama kali ajaran Islam masuk ke Indonesia. Sehingga, banyak peninggalan-peninggalan Islam di provinsi ini.

Selain itu, di Aceh terdapat beberapa Masjid yang memiliki pesona dan gaya bangunan yang menawan. Tentunya hal tersebut cocok untuk kalian kunjungi sebagai salah satu destinasi wisata religi ketika berada di Aceh.

Baca Juga:  Pilkada Purwakarta, PC NU Junjung Netralitas

Oleh sebab itu, Dilansir dari banyak sumber kami berhasil merangkum beberapa tempat wisata religi masjid di aceh yang dapat kalian singgahi ketika hari libur. Diantaranya:

1. Masjid Raya Baiturrahman – Masjid Raya Baiturrahman merupakan salah satu masjid yang terletak di pusat kota Banda Aceh, Provinsi Aceh. Masjid ini adalah simbol agama, budaya, semangat, kekuatan, perjuangan dan nasionalisme rakyat Aceh.

Baca Juga:  Berkedok Warung Sembako, di Purwakarta Emak-emak Jual Miras

2. Masjid Baiturrahim – Sebagai salah satu saksi dari keganasan bencana alam tsunami pada tahun 2004 silam, Masjid Baiturrahim ini bisa menjadi salah satu pilihan untuk berwisata religi kalian.

3. Masjid Babussalam – Berlokasi di di Gampong Kota Atas, Kecamatan Sukakarya Kota Sabang Aceh, Masjid Babussalam ini merupakan salah satu masjid yang telah berdiri sejak tahun 1970 silam.

Baca Juga:  PUI Berharap Aher Jadi Capres

4. Masjid Tuha Indrapuri – Bangunan masjid Tuha Indrapuri merupakan bekas benteng peninggalan kerajaan Hindu sebelum abad 12 Masehi. Akulturasi budaya Hindu dan Muslim tampak terlihat pada ukiran setiap sudut bangunan. Meski sebagian besar bangunan candi sudah dihancurkan, tetapi jejaknya masih terlihat.

5. Masjid Keuchik Leumik – Memiliki gaya arsitektur yang megah nan modern, Masjid Keuchik Leumik ini merupakan masjid yang bisa kalian kunjungi saat liburan akhir pekan. Disana kalian bisa berwisata sambil beribadah. (Mal)