Live Stream Bandung 132 TV


Mendikbud Nadiem Berkomitmen Benahi Tata Kelola Candi Borobudur

Ada beberapa hal yang diatur dalam rencana pengelolaan tersebut adalah peningkatan fasilitas interpretasi dan informasi mengenai nilai penting kompleks Candi Borobudur.

Mendikbud Nadiem Anwar Makarim saat mendampingi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengunjungi Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Jumat (12/3/2021). (Foto: Kemendikbud).

JABARNEWS | BANDUNG - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim mendorong untuk dilakukan pembenahan keseluruhan tata kelola dari perlindungan sampai pemanfaatan Kompleks Candi Borobudur. Hal tersebut dilakukan untuk memaksimalkan potensi kawasan ini.

Nadiem mengatakan, Candi Borobudur merupakan monumen Budha terbesar di dunia. Karya adiluhung ini, lanjut dia, merupakan bukti luar biasa tingginya intelektualitas nenek moyang bangsa Indonesia.

Baca Juga:

Penyerangan Israel Kepada Warga Palestina di Masjid Al-Aqsa Cederai Hati Umat Muslim

Antisipasi Peningkatan Covid-19, Linmas di Cianjur Diberikan Bimtek Protokol Kesehatan



"Rencana pengembangan dan pemanfaatan haruslah berorientasi pada semangat untuk melestarikan kekayaan budaya bangsa," kata Nadiem dalam keterangan yang diterima, Jumat (12/3/2021).

Dia menjelaskan bahwa upaya yang tengah dilakukan Kemendikbud saat ini adalah sedang menyusun rencana pengelolaan kompleks Candi Borobudur. Agar kawasan Borobudur lestari sebagai sebuah kesatuan lanskap budaya.

Kesatuan lanskap budaya yang dimaksud meliputi cagar budaya, lingkungan pedesaan, masyarakat, dan warisan budaya takbenda yang ada di dalamnya. Menurut Nadiem, ada beberapa hal yang diatur dalam rencana pengelolaan tersebut adalah peningkatan fasilitas interpretasi dan informasi mengenai nilai penting kompleks Candi Borobudur.
Halaman selanjutnya 1 2
Tags : Mendikbud Nadiem Nadiem Anwar Makarim Candi Borobudur Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini

berita terkait

JMN Channel

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

tag populer

unduh aplikasi