Kota Cimahi Naikan Tarif Parkir Mulai Maret 2021, Ini Besarannya

JABARNEWS | CIMAHI – Tarif parkir on streat di Kota Cimahi mulai Murat 2021 akan mengalami perubahan dengan kenaikan 1000 rupiah untuk semua kendaraan.

“Tarif barunya sudah diberlakukan per Maret,” kata Kepala Dinas Perhubungan, Hendra Gunawan melalui Kepala Bidang Lalu Lintas, Dessy Setiawati, dilansir dari suara.com, Sabtu (13/3/2021).

Adapun dara dari Dinas Perhubungan Kota Cimahi menyebutkan tarif parkir untuk kendaraan roda dari sebelumnya Rp 1.000 per unit, naik menjadi Rp2.000.

Baca Juga:  Wisata Pantai Balongan Indah Indramayu, Cocok Untuk Rekreasi Keluarga

Sedangkan, untuk kendaraan roda empat/sedan dan sejenisnya naik dari Rp 2.000 menjadi Rp 3.000. Angkutan barang jenis box/pick up naik dari Rp 2.500 menjadi Rp 3.000. Tarif parkir truk/bus sedang naik dari Rp 3.000 menjadi Rp 4.000. Sedangkan tarif bus dan truk besar Rp 5.000.

Kenaikan tarif didasarkan pada Peraturan Wali Kota (Perwal) Cimahi Nomor 27 Tahun 2020 tentang Retribusi Jasa Umum. Surat Keputusan (SK) kenaikan tarif pun sudah turun, sehingga tarif baru resmi diberlakukan.

Baca Juga:  Setelah Kepdes, Giliran Seorang TPK Ditahan Karena Korupsi

Dessy mengatakan, kenaikan tarif berdampak terhadap target retribusi parkir tepi jalan tahun ini. Pihaknya menargetkan bisa meraup Rp 1,2 miliar dari sektor parkir khusus tepi jalan.

Target akan coba direalisasikan dari 89 titik parkir yang dikelola Dinas Perhubungan Kota Cimahi. Puluhan titik parkir tersebut dijaga sekitar 120 parkir.

Baca Juga:  Imron Segera Bangun Jembatan Permanen Penghubung Cirebon-Kuningan Yang Ambruk

“Ke depannya kita akan gali lagi potensi parkir yang ada di Cimahi,” ucapnyaa.

Ririn Nur Febriani (35), salah seorang warga Kota Cimahi meminta kenaikan tarif diikuti dengan pelayanan yang baik dari para juru parkir.

“Iya mudah-mudahan naik tarif, pelayannya juga semakin naik dan semakin membaik,” tukasnya. (Red)