Harga Cabai Rawit Tembus Rp 140, Ini Kata Disdagin Kota Bandung

JABARNEWS | BANDUNG – Harga cabai rawit di Kota Bandung melonjak naik. Di pasaran, harga cabai rawit tembus hingga Rp 140 ribu dari sebelumnya Rp 30 ribu untuk satu kilogramnya.

Hal ini pun dibenarkan Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung Elly Wasliah. Menurutnya, kenaikan harga cabai rawit di Kota Bandung terjadi beberapa pekan ini.

Baca Juga:  Menag: Guru Besar Jangan Mengalienasi Diri Dari Isu Aktual

“Harga cabai rawit di Kota Bandung masih tinggi dikisaran Rp 120 sampai Rp 140 ribu. Padahal harga normal cabai rawit untuk satu kilogram Rp 30 ribu,” kata Elly, dilansir dari Inilahkoran.com, Sabtu (13/3/2021).

Meski begitu, dituturkan dia. Pemerintah Kota (Pemkot) tidak akan menggelar operasi pasar menghadapi situasi tersebut. Karena cabai rawit, tidak termasuk dalam komoditas strategis.

Baca Juga:  Iriawan: Geopark Ciletuh-Palabuhanratu Harus Jadi Perhatian Dunia

“Operasi pasar baru kita dilakukan untuk komoditas pangan strategis. Kalau cabai merah tanjung, itu masuk dalam kategori strategis. Sedangkan yang melejit kan cabai rawit,” ucapnya.

Elly pun mengajak masyarakat untuk sementara menahan diri. Semisal dikatakan dia, ketika mengkonsumsi berbagai jenis olahan gorengan yang identik dengan cabai rawit.

Baca Juga:  Aglomerasi Mudik Bandung Raya Mulai Dibahas, Bisakah Pulang Kampung?

“Seperti ketika kita makan gorengan bakwan, gehu atau gorengan lainnya yang biasanya dimakan dengan cabai rawit. Sekarang berusaha untuk tidak usah pake cabai dahulu,” ujar dia. (Red)