Uu Ruzhanul Ulum Dorong BPD Perkuat Komunikasi dengan Kepala Desa

JABARNEWS | BANDUNG – Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum mendorong Badan Permusyawaratan Desa (BPD) membangun komunikasi yang baik dengan perangkat desa. Tujuannya agar fungsi BPD sebagai lembaga legislasi, aspirasi, dan pengawasan, berjalan optimal.

“Harus ada keselarasan antara BPD dengan pihak kepala desa. Kuncinya harus saling berkomunikasi agar satu asa dan satu pemikiran,” kata Uu Ruzhanul Ulum, Minggu (14/3/2021).

Baca Juga:  Temuan Kasus Covid-19 Varian XBB di Kota Bandung, Mempan Meski Pasien Sudah Vaksin

“Kalau antara BPD dan kepala desa kurang harmonis dikhawatirkan program tidak jalan dan pembangunan desa terhambat,” tambahnya.

Uu Ruzhanul Ulum pun menyatakan, pemerintah desa memiliki peran strategis dalam pembangunan. Maka, fungsi dan tugas seluruh perangkat desa, termasuk BPD, harus berjalan optimal.

Baca Juga:  Tak Punya Tempat Ngungsi, Warsih Pilih Berendam Saat Banjir Datang

PABPDSI Kabupaten Majalengka pun diharapkan membangun komunikasi yang baik dengan Pemerintah Kabupaten Majalengka, Pemerintah Daerah Provinsi Jabar, dan semua pihak yang turut membangun desa.

“Sehingga PABPDSI membawa nuansa baru kepada para BPD. Mungkin nanti diadakan pelatihan, Diklat, atau semacamnya untuk menguatkan peran BPD. Sehingga mampu membawa kekuatan untuk majunya Majalengka di masa yang akan datang,” ucapnya.

Baca Juga:  Selama PPKM Level 4, BOR Rumah Sakit di Purwakarta Alami Penurunan

Pernyataan senada dikatakan Bupati Majalengka Karna Sobahi, dia berharap dengan keselarasan antara BPD dan kepala desa, pembangunan desa dapat berjalan baik. Kesejahteraan masyarakat pedesaan pun akan meningkat.

“BPD dan kepala desa harus akur. Artinya, saling memahami tupoksi, kalau saling memahami tidak akan ada perselisihan,” tutupnya. (RNU)