Live Stream Bandung 132 TV


Peran Partai dalam Menekan Korupsi

Dosen Ilmu Politik Universitas Padjadjaran Yusa Djuyandi. (Foto: Yusa/Unpad).

Penulis: Yusa Djuyandi (Dosen Ilmu Politik Universitas Padjadjaran)

Meskipun secara de jure Bangsa Indonesia sudah merdeka namun secara de facto bangsa ini belum sepenuhnya merdeka karena masyarakat Indonesia belum sepenuhnya terbebas dari belenggu kemiskinan dan kebodohan.

Baca Juga:

Awas! Tiga Provinsi Ini Jadi Target Pengamanan Mudik Lebaran

Kabar Baik! Pertamina Tambah Pasokan LPG di Jawa Barat, Ini Lokasinnya



Perilaku korupsi dikalangan para pejabat negara, pemerintahan dan politik telah mengakibatkan terjadinya dua bencana kemiskinan, yaitu pertama kemiskinan materi bagi sebagian Bangsa Indonesia, sehingga berakibat pada rendahnya kesejahteraan. Kedua kemiskinan akhlak atau nurani bagi mereka (para pejabat dan politisi) yang melakukan korupsi itu sendiri dimana mereka tidak lebih baik dari para penguasa di zaman kolonial atau penjajahan.

Persoalan korupsi menjadi hal perlu dibenahi karena korupsi merupakan perilaku manusia yang mengedepankan syahwat duniawi dan materi, perilaku ini dapat menjadi salah satu malapetaka yang menghancurkan manusia, tidak hanya bagi mereka yang melakukan korupsi tetapi juga terhadap orang lain.

Sejauh ini korupsi masih menjadi salah satu permasalahan serius di tanah air, padahal korupsi telah sejak lama ditetapkan sebagai salah satu extra ordinary crime. Mulai dari kepala desa, kepala daerah hingga Menteri masih juga melakukan tindakan tercela ini, yang rasanya hukuman kurungan pidana tidak menimbulkan efek jera.
Halaman selanjutnya 1 2 3 4
Tags : Partai Politik Korupsi Yusa Djuyandi Unpad Partai Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini

berita terkait

Perdagangan Forex Malaysia 2021

JMN Channel

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

tag populer

unduh aplikasi