Kota Bogor Catat Angka Kesembuhan Pasien Covid-19 Capai 91 Persen

JABARNEWS | BOGOR – Jumlah pasien Covid-19 di Kota Bogor yang dinyatakan sembuh secara keseluruhan hingga Minggu ini mencapai 11.796 orang atau 91,39 persen dari jumlah keseluruhan kasus positif Covid-19 di kota tersebut yakni 12.906 kasus.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bogor, Sri Nowo Retno mengatakan kasus aktif Covid-19 di Kota Bogor trennya mulai menurun dalam tiga pekan terakhir.

“Salah satu indikatornya adalah sudah dilaksanakannya vaksinasi terhadap tenaga kesehatan dan orang berprofesi pada pelayanan publik,” kata Retno, di Kota Bogor, Minggu (14/3/2021).

Baca Juga:  Lima Ragam Wisata Religi Yang Bisa Kalian Temukan Di Sumedang

Retno, panggilan Sri Nowo Retno, mencontohkan, penurunan kasus aktif Covid-19 ini juga terlihat pada tenaga kesehatan di Kota Bogor yang terjangkit  Covid-19.

Pada Januari 2021 ada 21 orang dan pada Februari ada 10 orang, tenaga kesehatan yang terjangkit Covid-19, sedangkan pada pekan pertama Maret tidak ada yang terinfeksi Covid-19.

“Pada Februari dan Maret, ada penurunan jumlah tenaga kesehatan yang terjangkit  Covid-19, kemungkinan besar karena sudah menerima vaksin Covid-19 tahap pertama pada Januari sampai Februari,” katanya.

Sebelumnya, Wali Kota Bogor, Bima Arya, mengatakan, kebijakan ganjil-genap kendaraan bermotor pada akhir pekan di Kota Bogor, yang diberlakukan mulai pekan pertama hingga ketiga Februari, berdampak penurunan kasus positif Covid-19.

Baca Juga:  Fitur Baru IG, Unggahan Menyinggung Bisa Kehilangan Akun

Kebijakan lainnya yang diberlakukan Pemerintah Kota Bogor yakni Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) pada tingkat RW, juga berdampak pada penurunan kasus positif Covid-19.

Apalagi, kata dia, setelah ada vaksin Covid-19 yang telah disuntikkan kepada tenaga kesehatan di Kota Bogor pada vaksinasi tahap pertama dan kedua, mulai bekerja dengan baik dan terbukti menurunkan jumlah tenaga kesehatan yang terjangkit Covid-19.

Baca Juga:  Ramalan Zodiak Harian Cancer, Anda Mungkin Merasa Sedikit Tegang Dengan Pasanganmu

Kemudian, pada vaksinasi tahap kedua, vaksin Covid-19 juga disuntikkan kepada orang yang bekerja pada pelayanan publik. “Vaksin itu mulai bekerja meningkatkan antibodi. Dampaknya tenaga kesehatan yang terpapar Covid-19 menurunkan,” katanya.

Berdasarkan data Covid-19 pada Dinas Kesehatan Kota Bogor, jumlah pasien positif Covif-19 yang dinyatakan sembuh dalam sepekan terakhir ada 659 pasien, jauh lebih tinggi dari pada jumlah pasien yang baru terkonfirmasi positif Covid-19 dalam waktu yang sama yakni 290 pasien. (Red)