Lima Sungai Terpanjang di Indonesia Yang Bisa Kalian Kunjungi Sebagai Tempat Wisata Bahari

JABARNEWS | BANDUNG – Sebagai Salah satu Negara yang terdiri dari Pulau-pulau, Indonesia memiliki banyak bahari. Seperti Lautan, danau hingga sungai-sungai bisa menjadi objek wisata di Indonesia.

Di Indonesia sendiri, untuk menjelajahi wisata bahari di Indonesia tak lengkap rasanya apabila tidak menyusuri sungai-sungai terpanjang yang ada di Indonesia. 

Oleh karena itu, berikut kami rangkum beberapa nama sungai terpanjang yang ada di Indonesia. Diantaranya:

Pertama. Sungai Kapuas – Berlokasi di Kalimantan Barat, sungai Kapuas ini merupakan salah satu yang terpanjang diantara sungai-sungai lainnya yang bisa kalian kunjungi pada saat liburan bersama keluarga.

Baca Juga:  Bupati Purwakarta Tanggapi Kasus Dugaan Ijazah Palsu Seorang Kepala Desa

Berhulu di pegunungan Muller dan bermuara di selat Karimata, sungai satu ini memiliki panjang sekitar 1.143 km. Sungguh menakjubkan buka sungai Kapuas asal Indonesia Ini.

Kedua. Sungai Mahakam – Masih berlokasi di Pulau Kalimantan, Indonesia, yakni Sungai Mahakam. Memiliki Panjang sekitar 920 km, sungai ini termasuk kedalam kategori sungai terpanjang yang ada di Indonesia.

Selain itu, sungai ini biasanya digunakan oleh masyarakat sekitar untuk mencari mata pencaharian dan jalur transportasi. Disana kalian bisa memancing sambil berkeliling dengan cara menaiki perahu.

Ketiga. Sungai Barito – Sungai yang bermuara di laut Jawa dan bernama Sungai Barito, merupakan salah satu sungai terpanjang yang bisa kalian temukan di Negara Indonesia.

Baca Juga:  Guru Terbaik Encon, Dikunjungi Yayasan dari Thailand

Di sungai ini, kalian bisa menemukan beberapa pasar apung serta Jembatan terpanjang di daerah tersebut bernama Jembatan Barito. Hingga saat ini, jembatan tersebut merupakan salah satu ikon dari tempat tersebut.

Keempat. Sungai Batanghari – Sungai terpanjang di Indonesia selanjutnya ini tak lagi berada di Kalimantan, melainkan di Pulau Sumatera. Menjadi sungai paling panjang yang ada di Sumatera, Sungai Batanghari melintasi Provinsi Sumatera Barat hingga Provinsi Jambi.

Sungai yang berhulu di Dataran Tinggi Minangkabau dan bermuara di selat malaka ini bisa kalian kunjungi, disana kalian bisa berkeliling menggunakan perahu sambil menikmati keindahannya.

Baca Juga:  Tiga Hal yang Akan Terjadi Ketika Media Sosial Tidak Ada

Kelima. Sungai Mamberamo – Sungai Mamberano adalah sungai terpandang yang ada di daratan Papua. Dinamakan dari bahasa Dani, “mambe” yang bermakna besar serta “ramo” yang bermakna air, sungai memang merupakan sungai dengan panjang fantastis di Papua serta menjadi salah satu sungai terpanjang yang ada di Indonesia. 

Kawasan di sekitar sungai terpanjang di Indonesia masih sangat asri dan memiliki kekayaan hayati yang sangat beragam, membuatnya kerap dijuluki “Amazon”-nya Indonesia. (Mal)