Kabupaten Garut Terima Kucuran Dana Bagub Untuk Rutilahu, Ini Besarannya

JABARNEWS | GARUT – Kabupaten Garut menerima kucuran dana dari Bantuan Gubernur (Bagub) untuk Program RUmah Tidak Layak Huni (Rutilahu) senilai Rp17,5 juta untuk satu rumah.

Bupati Garut Rudy Gunawan mengatakan, dana tersebut akan diberikan dengan ditransfer secara langsung ke rekening penerima bantuan dan tidak boleh digunakan selain untuk pembangunan rumah.

“Rutilahu ini adalah program yang diberikan kepada mereka dengan Rp17,5 juta dari Bantuan Gubernur, jadi uangnya di transfer ke rekening masing-masing,” kata Rudy, Senin (15/3/2021).

Baca Juga:  Detasemen C Pelopor Brimob Jabar Punya Komandan Baru

Dia menjelaskan bahwa dengan bantuan tersebut akan dialokasikan kepada 1.480 rumah yang tidak layak huni untuk 99 Desa di Kabupaten Garut.

“Program ini kan sangat membantu karena kita mengalami kesulitan ya. Banyak orang-orang yang karena pandemi ini aktivitasnya menjadi terganggu, termasuk juga tidak ada hal yang bisa dilakukan dengan keuntungan pribadi,” jelasnya.

“Jadi saya berterimakasih kepada Provinsi Jawa Barat memberikan kepada Kabupaten Garut (sebanyak) 1.400 lebih untuk 99 desa,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperkim) Kabupaten Garut Eded Komara Nugraha menyampaikan bahwa saat ini ada sekitar 32 ribu rutilahu di Kabupaten Garut yang belum tertangani.

Baca Juga:  Satgas Covid-19 Jabar Terus Perkuat 3T Selama PPKM Level

“Sampai saat ini kondisi rutilahu di Kabupaten Garut ini masih banyak, sekitar 32 ribu lebih lagi yang belum tertangani,” ucap Eded.

Dia menuturkan, untuk tahun ini Kabupaten Garut dapat melewati target perbaikan per tahun, yaitu sekitar 3.200 lokasi yang akan tertangani. Karena Disperkim Garut telah mengajukan 750 rumah, dan masih menunggu alokasi dari pusat untuk 2.440 rumah.

Baca Juga:  Begini Cara Menjaga Kesehatan Ibu Hamil Demi Kondisi Janin

Di tempat yang sama, Kepala Bidang (Kabid) Perumahan Dinas Perkim Provinsi Jabar Eko Darmayanto menyatakan, Kabupaten Garut termasuk ke dalam 10 besar penerima bantuan tahun ini.

“Untuk keseluruhan dari Jabar ini Kabupaten Garut termasuk 10 terbesar penerima bantuan tahun ini. Ini bisa membantu untuk mengurangi jumlah Rumah Tidak Layak Huni di Kabupaten Garut. Pelaksanaan (sosialisasi) pada hari ini akan diselenggarakan dalam satu hari,” tutupnya. (Red)