Mengulas Misteri Ikan Dewa di Tempat Wisata Pemandian Cibulan Kuningan

JABARNEWS | BANDUNG – Bagi kalian yang sedang mencari destinasi wisata di kuningan. Tidak lengkap rasanya jika belum mimpi ke tempat wisata legendaris satu ini yakni pemandian air dingin cibulan.

Berbeda dengan tempat wisata lainnya, disini kalian bisa melihat sambil berenang bersama ikan dewa.  Hampir mirip dengan Umbul Ponggok di Klaten, pemandian ini berdiri di atas tanah seluas kurang lebih lima hektar.

Di pemandian air dingin cibulan ini kalian akan diberi pilihan berupa dua kolam. Selain itu, kolam pemandian di sini dihuni oleh ikan kancra Bodas atau lebih dikenal dengan nama ika dewa.

Baca Juga:  Mobil Blind Van Terbaik Di Pasar Indonesia, Kalian Punya Salah satunya?

Konon, dahulu ikan satu ini dinamakan Ikan dewa karena katanya ikan-ikan ini dulunya merupakan prajurit yang membangkang Prabu Siliwangi. Akibat nya, prajurit ini kemudian dikutuk oleh Prabu Siliwangi menjadi ikan.

Anehnya Ikan Dewa ini tidak pernah bertambah maupun berkurang setelah kolam tersebut dibersihkan. Saat dibersihkan ikan-ikan disini berenang menuju Kolam Cigugur, setelah selesai dikuras mereka akan kembali lagi ke Pemandian Air Dingin Cibulan ini.

Tidak hanya berenang bersama Ikan, di tempat ini kalian juga bisa singgah ke Tujuh Sumur. Tujuh Sumur merupakan sumber mata air yang dikeramatkan oleh warga sekitar. Bahkan jika kalian beruntung, kalian bisa bertemu dengan kepiting emas.

Baca Juga:  Stok Gas 3 Kg Di Depok Cukup Sampai Lebaran

Bagi yang penasaran, kalian bisa langsung menuju ke Pemandian Air Dingin Cibulan yang berlokasi di Desa Maniskidul, Kecamatan Jalaksana, Kabupaten Kuningan.

Dan buka mulai pukul 08.00-17.00, dengan cara kalian  membayar tiket masuk sebesar Rp 15.000 untuk dewasa sedangkan anak-anak sebesar Rp 12.000. Kalian bisa langsung berenang bersama ikan dewa tersebut. 

Bagi orang bekasi kalian bisa menggunakan rute,  masuk Tol Jakarta Cikampek, Lanjut ke Tol Cipali dan turun di pintu Tol Ciperna. Lanjut ambil jalur ke arah Kabupaten Kuningan. Kalau tidak salah ingat lokasinya berada di sebelah kiri jalan jika kamu dari arah Cirebon.

Baca Juga:  FishOn, Aplikasi Kemaritiman Menuju Satu Juta Nelayan Berdaulat

Untuk yang ingin naik kereta kamu bisa ambil ke arah Cirebon. Lalu lanjut dengan Bus ke arah Kuningan. Sepanjang pengetahuan saya sih wisata pemandian Cibulan ini dekat dengan jalan utama. Nah untuk yang mau naik Bis, ambil aja jurusan Jakarta – Kuningan. (Mal)