Apresiasi Penelitian dan Pengabdian Dosen, LPPM Unisba Gelar RESVEX 2021

JABARNEWS | BANDUNG – Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Islam Bandung (Unisba) akan menggelar kegiatan Research and Community Service Expo yang kedua (2nd RESVEX 2021) dengan tajuk Inovasi dan Kolaborasi Menuju Unisba Unggul secara virtual melalui zoom meeting, Selasa (16/3/2021).

Pada penyelenggaraan kali ini, terdapat dua kegiatan inti yaitu LPPM Awards dan talkshow.

Ketua LPPM Unisba Atie Rachmiatie mengatakan, kegiatan ini terselenggara sebagai apresiasi dan promosi sekaligus pemberian rewards kepada dosen yang melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat agar dapat lebih bersemangat dan terpelihara motivasinya.

“Kgiatan ini seharusnya dilaksanakan pada 2020, namun karena masih situasi pandemi maka acara sempat tertunda dan dilaksanakan secara virtual,” kata Atie.

Baca Juga:  Atlet Pencak Silat Peraih Emas AG, Besok Diarak Keliling Garut

Dia menuturkan, tujuan terselenggaranya kegiatan ini antara lain sebagai sarana penyebarluasan informasi/diseminasi hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat (PPKM) yang dilaksanakan oleh sivitas akademika Unisba.

“Kegiatan ini memberikan apresiasi/penghargaan dalam bentuk insentif kualitatif/intangible (awards); sebagai sarana promosi Unisba ke masyarakat luas; dan mendorong serta meningkatkan jumlah penelitian dan PKM yang dihasilkan dosen Unisba,” tuturnya.

Selain itu, LPPM Unisba juga responsif dengan kebutuhan penelitian terkait Covid-19 di masa pandemi ini dengan membuka penerimaan proposal dengan tema Covid-19. Penelitian ini terbagi ke dalam dua kategori yaitu science dan sosial yang dikhususkan bagi para peneliti dari Unisba.

Baca Juga:  Beckham Berharap Lebih Dipercaya Gomez

Untuk pemberian LPPM Awards, terdapat delapan kategori yang dilombakan yaitu Peneliti Terbaik, Pelaksana PKM Terbaik, Lomba Video Antarfakultas, Anugerah Inovasi Sosial, Anugerah Inovasi Science, Fakultas paling concern dengan kegiatan penelitian, Fakultas paling concern dengan kegiatan PKM. Produk inovasi yang dihasilkan mahasiswa dan atau dosen.

“Selain itu, akan diberikan juga tiga kategori penghargaan khusus kepada tiga fakultas serta penghargaan Lifetime Achievement Awards kepada alm Prof. Dikdik M. Shodiq, S.H., M.H., Ph.D. atas pencapaian yang diperoleh dan pengabdiannya sebagai peneliti, chief editor jurnal MIMBAR (terakreditasi Sinta 2) dan Guru Besar Fakultas Hukum Unisba,” ucap Atie.

Baca Juga:  Perindo Fogging Di Tujuh Titik

Khusus untuk kategori Fakultas yang paling concern dengan kegiatan penelitian (kategori 6) dan Fakultas paling concern dengan kegiatan PKM ( kategori 7). Selain uang tunai dan sertifikat akan diberikan pula piala bergilir Rektor.

Sementara kategori lainnya mendapatkan hadiah berupa uang tunai dan sertifikat. Selain itu, untuk kategori produk inovasi akan dipilih enam juara sedangkan kategori yang lain hanya memilih satu yang terbaik.

Sementara itu, kegiatan talkshow yang bertema Innovation in Entrepreneurship akan menghadirkan pemilik perusahaan kosmetik Wardah, Nurhayati Subakat. Dia dihadirkan karena selama ini dikenal sebagai pengusaha yang kreatif dan inovatif yang sejalan dengan tema 2nd RESVEX 2021 ini. (RNU)