Sambangi Persis di Bandung, Kapolri Sigit Bahas Polarisasi di Tengah Masyarakat

JABARNEWS | BANDUNG – Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo melanjutkan serangkaian kunjungannya. Hari ini Sigit menyambangi kantor pusat Persatuan Islam (Persis) di Jalan Perintis Kemerdekaan, Babakan Ciamis, Kota Bandung, Selasa (16/3/2021).

Sigit diterima langsung oleh Ketua Umum Persis KH Aceng Zakaria, Kunjungan ke Persis ini, sebetulnya telah diagendakan sejak awal Listyo dilantik sebagai Kapolri.

“Kedatangan saya didampingi Kapolda Jabar, Asops, Kadiv Propam, Kadiv Humas, Wakabareskrim, Wakabik dan Korwas PPNS,” kata Sigit.

Baca Juga:  Petinggi Sunda Empire Dikabarkan Sudah Bebas dari Penjara, Kok Bisa?

Dalam pertemuan tersebut, Sigit menyampaikan beberapa hal, antara lain tukar pandangan bagaimana menghilangkan polarisasi di tengah masyarakat yang terjadi pasca Pemilu dan Pilpres 2019.

“Bagaimana kita bersatu dengan menghilangkan polarisasi untuk membangun bangsa ini,” ucapnya.

Disisi lain, mantan Kapolda Banten ini mengharapkan agar ulama dapat mengambil peran sekaligus membantu tugas-tugas Kepolisian dalam menjamin dan memelihara Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas). Menurut Sigit, melalui bahasa ulama dinilai lebih efektif untuk mensosialisasikan sekaligus mengedukasi umat.

Baca Juga:  Kriminalitas di Jabar Turun Selama Operasi Ketupat Lodaya

“Meminjam tangan ulama untuk memberikan edukasi kamtibmas agar mudah dipahami oleh umat,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketum Persis KH Aceng Zakaria mengapresiasi pertemuan ini. Menurutnya, baru kali ini ada Kapolri yang bersilaturahmi dengan Persis.

Baca Juga:  Begini Imbauan Polisi bagi Pemancing di Waduk Jatiluhur dan Cirata

Terkait Ulama agar ikut mengambil peran menurutnya sejalan dengan visi misi organisasi yang dia pimpin. Persis, kata Aceng, merupakan organisasi yang selalu mendukung Umaro atau pemimpin agar mudah dalam bekerja.

“Persis memposisikan diri sebagai tugas ulama mencerdaskan bangsa dan mensolehkam umat,” jelas Aceng. (RNU)