JMN Channel


Satgas Covid-19: Penundaan AstraZaneca Depankan Azas Kehati-hatian

Penundaan bukan semata-mata adanya temuan pembekuan darah oleh beberapa negara.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Bakti Adisasmito, (Foto: Net)

JABARNEWS | JAKARTA - Satgas Penanganan Covid-19 memberikan penjelasan terkait penundaan distribusi vaksin AstraZeneca oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Bakti Adisasmito menegaskan penundaan ini sifatnya sementara dengan mengedepankan azas kehati-hatian.

Baca Juga:

Dinkes: Selisih Data Sebabkan Kabupaten Cirebon Masuk Lagi PPKM level 4

Purwakarta Naik ke PPKM Level 4, Begini Penjelasan Satgas Covid-19



"Meski demikian agar menjadi catatan alasan penundaan bukan semata-mata adanya temuan pembekuan darah oleh beberapa negara. Melainkan karena pemerintah ingin lebih memastikan keamanan dan ketepatan kriteria penerima vaksin AstraZeneca," kata Wiku dalam konferensi pers perkembangan penanganan Covid-19 di Graha BNPB, Jakarta Selasa (16/3/2021).

Saat ini Badan Pengawas Obat dan Makanan (POM), Indonesia Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI), dan para ahli sedang melihat kembali apakah kriteria penerima vaksin AstraZeneca akan sama dengan kriteria vaksin Sinovac dan Biofarma.

Selain itu, penundaan ini juga untuk memastikan terkait quality control. kemudian secara paralel, BPOM melihat rentang waktu penyuntikan AstraZeneca mengingat sebelumnya World Health Organization (WHO) menyatakan rentang waktu penyuntikan dosis kedua AsteaZeneca antara 9-12 minggu dari dosis pertama.
Halaman selanjutnya 1 2
Tags : Ingat Pesan Ibu Protokol Kesehatan 3M Satgas Covid-19 Pakai Masker Jaga Jarak Cuci Tangan Pandemi Covid-19 Jabarnews Berita Jawa Barat

berita terkait

JMN Channel

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

tag populer

unduh aplikasi