Soal Uji Sampel Covid-19, DPRD Jabar: Labkes Harus Turun Langsung

JABARNEWS | BANDUNG – Wakil Ketua Komisi V DPRD Jabar Abdul Hadi Wijaya meminta Laboratorium Kesehatan Pemprov Jabar turun langsung ke masyarakat untuk menguji sampel Covid-19. Hal itu untuk membantu meminimalisir penyebaran virus corona.

Apalagi, lanjut Abdul Hadi, penduduk Jabar paling banyak, sehingga memerlukan uji sampel covid-19 yang banyak dan berkelanjutan.

Baca Juga:  Kelaikan Bus Pariwisata Di-cek, Ada Apa?

“Misalnya Labkes melakukan pengetesan secara mobile dengan langsung turun ke pemukiman warga,” kata Gus Ahad sapaan akrabnya, Rabu (17/3/2021).

Dia menjelaskan, saat ini keberadaan Labkes sangat diperlukan untuk menguji sampel Covid-19. Maka dari itu dia meminta Labkes Pemprov Jabar lebih maksimal membantu penanganan Covid-19.

Baca Juga:  KPK Disebut sedang Mengincar Cak Imin, Ini Kasusnya

Namun, dia mengakui Labkesda belum maksimal dalam melayani hal itu mengingat adanya keterbatasan anggaran dan mobile laboratorium. Hal itu dikarenakan masih tergantung dari dana APBD.

Menurutnya, saat ini Labkes Jabar sudah memiliki peralatan yang mutakhir serta didukung oleh sumber daya manusia yang berkualitas, sehingga harus dimaksimalkan keberadaannya.

Baca Juga:  Gus Menteri Bakal Digitalkan Arsip Kemendes PDTT, Ini Alasannya

“Labkes sudah melayani laboratorium klinik untuk perseorangan yang bermanfaat untuk pencegahan, penegakkan diagnosis, dan terapi,” katanya.

“Jadi masyarakat yang akan cek gula darah, kolesterol, hematologi, urinalisa, feses, mikrobiologi klinik dan lainnya, sudah bisa ke Labkesda,” tutupnya. (RNU)