Sejarah Tugu Cornelis Chastelein, Sebagai Tempat Wisata Depok

JABARNEWS | BANDUNG – Berbicara tentang Depok memang tidak ada habisnya, dari mulai destinasi wisata alam hingga wisata sejarah seperti Tugu Cornelis Chastelein bisa kalian temukan di Kota Depok ini.

Sebagai tempat wisata sejarah, destinasi Tugu Cornelis Chastelein ini bisa kalian kunjungi saat liburan akhir pekan bersama keluarga ataupun teman-teman.

Hal tersebut tentunya hal yang menyenangkan.

Disamping itu, destinasi wisata Tugu Cornelis Chastelein ini memiliki kisah yang tentunya seru untuk kita ulas. Dengan begitu kalian akan tahu sejara dari tempat wisata satu ini.

Baca Juga:  Polisi Panggil Sejumlah Kades di Purwakarta Terkait Dana Hibah Kemenpora

Menurut sejarah, Cornelis Chastelein merupakan orang Belanda yang datang ke Indonesia pada 1675 untuk bekerja pada Vereenigde Oostindische Compagnie (VOC). Saat pertama kali datang ke Indonesia, ia menetap di Batavia (Jakarta) dan bekerja untuk VOC.

Akan tetapi pada tahun 1691, ia memutuskan untuk berhenti dan Chastelein mulai membeli sebidang tanah untuk pertanian di beberapa wilayah di sekitar Jakarta, yakni Gambir dan Senen.

Baca Juga:  Perhutani Gagal Rehabilitasi Hutan

Sesudah membeli tanah di gambir dan senen, Chastelein membeli lagi tanah disekitaran Jakarta yaitu Karang Anyar (Cinere), Mampang, Depok (Depok Lama), dan dua wilayah kecil di seberang Kali Ciliwung. Lalu tanah tersebut dinamakan Depok.

Dari situh, Cornelis Chastelein mulai mempekerjakan ratusan orang-orang yang didatangkan dari berbagai wilayah timur Indonesia, sebagian besar dari Sulawesi dan Bali. Hal itu dilakukan hanya untuk membenahi daerah lahan tersebut.

Baca Juga:  Pangandaran Butuh Rumah Potong Hewan

Tugu yang berlokasi di kecamatan Pancoran Mas, Depok ini dibangun pada tahun 1914. Akan tetapi, pada tahun 1952 tugu tersebut dibongkar oleh 12 marga tersebut karena saat itu takut ada ancaman terhadap hal yang berkaitan dengan Belanda.

Dan pada tahun 2014, tugu tersebut dibangun kembali oleh Yayasan Lembaga Cornelis Chastelein (YLCC) Depok. Hingga saat ini, tempat wisata sejarah tugu Cornelis Chastelein ini bisa kalian lihat sebagai bukti sejarah. (Mal)