Kerap Bikin Resah, Ratusan Knalpot Bising Dimusnahkan Polres Bogor

JABARNEWS I BOGOR – Polres Bogor, Polda Jawa Barat, menyita sebanyak 420 knalpot bising saat melakukan operasi selama delapan hari di wilayah Kabupaten Bogor.

“Penggunaan knalpot bising pada kendaraan menjadi salah satu penyebab gangguan keamanan dan ketertiban di masyarakat. Makannya kita tertibkan,” ucap Kapolres Bogor, AKBP Harun saat konferensi pers di kantornya, Cibinong, Bogor, Jumat (19/3/2021).

Baca Juga:  Simulasi Pemilu Cegah Bingung Saat Memilih

Ratusan knalpot yang disita dari sepeda motor itu dimusnahkan dengan cara dipotong menggunakan mesin. Knalpot bising juga bisa memacu pemakainya ugal-ugalan di jalan, sehingga bisa memancing emosi dan berpotensi terjadi kecelakaan.

“Knalpot bising itu memancing pengendara itu untuk melaju kencang. Karena semakin kencang kendaraan katanya suaranya semakin keren. Otomatis ini berpotensi menimbulkan kecelakaan, tidak hanya pengendara tapi juga semua orang di jalan,” tutur Harun.

Baca Juga:  Karena Ini, Kenapa Tempat Wisata di Purwakarta Belum Dapatkan Izin Buka dari Bupati

Kemudian, efek negatif lainnya dari knalpot bising dapat memacu agresifitas antarpengendara maupun dengan kelompok motor, sehingga bisa berbuntut pada gangguan keamanan di Kota Bogor.

“Bahkan banyak juga hanya gara-gara knalpot bising sering terjadi tawuran,” ujar mantan penyidik di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) itu.

Baca Juga:  Mulai 2020, Gaji Perangkat Desa Setara PNS Golongan IIA

Selain menyita 420 knalpot, Polres Bogor juga mengamankan 37 kendaraan roda dua dari para pengendara. Puluhan kendaraan tersebut disitanya lantaran menggunakan knalpot bising.

“Jadi nanti, pemilik 37 kendaraan ini harus membawa knalpot bawaannya saat menebus kendaraan-nya,” tuturnya. (Red)