BMKG Laporkan Gempa Telah Guncang Danau Toba

JABARNEWS I TOBA SAMOSIR – Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMK) melaporkan terjadi gempa bumi bermagnitudo 2.6 SR di danau Toba, Kabupaten Toba Samosir, Provinsi Sumatera Utara,  Jumat  (19/3/2021) sekira pukul 19.25 WIB.

Episenter gempa terletak pada kordinat 2.61 LU dan 98.65 BT. Pada jarak 5KM Barat Daya, Kabupaten Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara dengan kedalaman 3 Km.

Baca Juga:  Tokoh Pemuda: Publik Butuh Transparansi Dana Baznas Purwakarta

Seorang warga Balige, S Siagian mengatakan, selama terjadi gempa beberapa kali di Toba Samosir tidak terlihat adanya gelombang air danau Toba dan getaran dirasakan warga.

Baca Juga:  Fagar Beri Penghargaan Pada Wakil Lomba Seni Nasional

“Belum ada terlihat meningkatnya air danau Toba dan getaran dirasakam warga, namun harus tetap waspada bagi warga yang tinggal dibibir danau Toba,” ucapnya.

Dari laporan BMGK, sejak awal Januari 2021 sud⁷ah terjadi beberapa kali gempa di Kabupaten Toba Samosir. Dari total gempa terjadi, tidak ada kerusakan yang terjadi.

Baca Juga:  Ini Khasiat Sarapan Pagi, Diantaranya Mengurangi Resiko Stres

Selain Kabupaten Toba Samosir, beberapa wilayah di Sumatera Utara pada tahun 2021 terjadi gempa, yakni Kabupaten Karo, Kabupaten Nias Selatan, Nias Barat, Kota Binjai, Sibolga, Padang Sidempuan dan Tapanulis Selatan.(Ptr)