Mulai Hari Ini, Pemeriksaan GeNose C19 Mengalami Penyesuaian Tarif

JABARNEWS | CIREBON – Mulai hari ini 20 Maret 2021, tarif pemeriksaan GeNose C19 di stasiun mengalami penyesuaian. Sebelumnya, tarif pemeriksaan GeNose C19 saat pre-launching sebesar Rp. 20 ribu menjadi Rp. 30 ribu.

Dijelaskan Manager Humas PT KAI Daop 3 Cirebon, Suprapto, mulai hari ini pemeriksaan GeNose C19 mengalami penyesuaian tarif. Pihaknya juga akan menambah pelayanan pemeriksaan GeNose di Stasiun Cirebon Prujakan.

“Hari ini layanan pemeriksaan GeNose C19 akan mengalami penyesuaian, yang sebelumnya Rp. 20 ribu menjadi Rp. 30 ribu. Daop 3 Cirebon juga akan menambah pelayanan pemeriksaan GeNose di Stasiun Cirebon Prujakan,” kata Suprapto, Sabtu (20/03/2021).

Baca Juga:  Gojek Perkenalkan Logo dan Atribut Baru di FAM

Layanan pemeriksaan GeNose C19 telah hadir di Stasiun Cirebon Kejaksan sejak pada tanggal 15 Februari 2021 kemarin. Dengan menambah layanan pemeriksaan GeNose C19 di Stasiun Cirebon Prujakan untuk mengantisipasi meningkatnya minat calon penumpang di dalam menggunakan pelayanan tersebut.

“Adanya layanan pemeriksaan GeNose C19 di Stasiun Prujakan ini, untuk meningkatkan pelayanan dan meningkatkan minat calon penumpang,” katanya.

Sebagai bentuk peningkatan pelayanan, kata Suprapto, pemeriksaan GeNose C19 di stasiun nantinya akan terintegrasi dengan ticketing system KAI. Sehingga hasil pemeriksaan GeNose C19 pelanggan tersebut akan otomatis muncul pada layar boarding petugas.

Baca Juga:  Dewas KPK Akhirnya Jatuhkan Sanksi Berat untuk Firli Bahuri, Apa itu?

“Nantinya akan terintegrasi dengan ticketing system KAI, tapi saat ini fitur itu sedang dalam tahap finalisasi,” katanya.

Selain di Stasiun Cirebon Prujakan, tambah Suprapto, KAI secara keseluruhan menambah 9 stasiun yang menyediakan layanan pemeriksaan GeNose C19. Enam stasiun di antaranya merupakan kerja sama antara KAI dan Farmalab, anak perusahaan Indofarma.

“Dengan adanya penambahan ini, total stasiun yang melayani pemeriksaan GeNose C19 menjadi 23 stasiun. Sebelumnya, terdapat 14 stasiun yang sudah melayani layanan GeNose C19,” katanya.

Suprapto juga menjelaskan, hasil pemeriksaan GeNose C19 di 23 stasiun tersebut dapat dipakai untuk keberangkatan di seluruh stasiun yang melayani perjalanan KA Jarak Jauh.

Baca Juga:  Mantan anggota DPRD Serdang Bedagai Tewas Dibunuh, Ternyata Ini Motifnya

Sejak diluncurkan pada tanggal 15 Februari 2021 sampai dengan tanggal 18 Maret 2021, peserta yang menggunakan layanan GeNose di Stasiun Cirebon mencapai 9.012 orang. Sementara untuk layanan Tes Rapid Antigen pada periode sama di Stasiun Cirebon, mencapai angka 962 orang.

“Penyediaan pemeriksaan GeNose C19 ini merupakan komitmen KAI terhadap kebijakan pemerintah, terkait persyaratan naik KA Jarak Jauh sesuai SE Satgas Covid-19 No 7 tahun 2021 dan SE Kemenhub No 20 Tahun 2021,” jelasnya. (Arn)