Duh, Pelatih Timnas Terpapar Positif Covid-19, Ini Kata PSSI

JABARNEWS | JAKARTA – PSSI memastikan pelatih tim nasional (timnas) Indonesia Shin Tae-yong positif menderita Covid-19 berdasarkan hasil tes usap (swab) PCR yang keluar pada Jumat (19/3) malam.

“Awalnya, pada Kamis (18/3), Shin Tae-yong mengaku tidak enak badan. Kemudian yang bersangkutan di’swab’ PCR. Hasilnya baru keluar pada Jumat malam (19/3),” ujar pelaksana tugas Sekretaris Jenderal PSSI Yunus Nusi, dikutip dari laman resmi PSSI di Jakarta, Sabtu (20/3).

Menurut Yunus, Shin tidak menunjukkan gejala yang berlebihan dan masih bisa berkoordinasi dengan PSSI.

Baca Juga:  Belasan Tenaga Kesehatan Terpapar Covid-19, Puskesmas di Kota Bogor Ditutup

PSSI pun memastikan bahwa para pemain tim nasional persiapan SEA Games 2021, yang menjalani pemusatan latihan (TC) bersama Shin Tae-yong pada 8 Februari-8 Maret, tidak ada yang tertular virus SARS-CoV-2.

“Jadi ketika pemain kita pulangkan ke klub masing-masing pada Senin (8/3), tidak ada satu pun pemain yang positif. Itu karena sebelum pulang mereka sudah di-‘swab antigen,” kata Yunus.

Sementara, dikutip dari Kantor Berita Korea Selatan Yonhap, Shin sebenarnya sudah merasakan gejala diduga Covid-19 sejak sekitar dua pekan lalu.

Baca Juga:  Hama Tikus Menggila, Dinas Pertanian Karawang Akan Gelar Gropyokan

Juru taktik asal Korsel itu sempat demam dan kehilangan selera makan. Shin pun dites Covid-19, baik usap antigen maupun PCR, tetap hasilnya selalu negatif sampai akhirnya dinyatakan positif pada Jumat (19/3) malam.

Yonhap juga menyebut dalam artikelnya, Covid-19 sudah menyebar di timnas Indonesia sejak awal Maret, diawali dari terinfeksinya pelatih kiper Yoo Jae-hoon dan penerjemah pada 5 Maret lalu pelatih fisik Lee-Jae-hong pada 7 Maret.

Baca Juga:  Pedagang Pasar Cikurubuk Mengeluh, Ini Aduannya

Sebagai catatan, pada tanggal 5 dan 7 Maret, timnas Indonesia menjalani laga uji coba masing-masing melawan Tira Persikabo dan Bali United di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta.

Namun, Shin menyatakan kepada Yonhap bahwa semua stafnya kini sudah pulih sepenuhnya dari Covid-19.

“Pelatih yang lain sudah dinyatakan negatif, sembuh dari Covid-19,” kata juru taktik timnas Korsel di Piala Dunia 2018 itu. (Red)