Cegah Bencana Alam di Cimahi, Ngatiyana Minta Masyarakat Jaga Kelestarian Alam

JABANEWS | CIMAHI – Pelaksana Tugas (Plt) Walikota Cimahi Letkol Inf (Purn) Ngatiyana meminta seluruh elemen masyarakat untuk menjaga kelestarian alam. Hal tersebut dilakukan dalam rangka mencegah terjadinya bencana.

“Maka apabila kita sudah menyatu dengan alam, Insya Allah kita akan aman dan selamat,” kata Ngatiyana dalam keterangannya, (21/3/2021).

Dia meminta, Ketua Rukun Warga (RW) yang tergabung dalam kelompok KPL bersama aparatur kelurahan agar dapat melaksanakan kegiatan penanaman pohon yang berada di wilayah RW 10 Kelurahan Leuwigajah ataupun di Kampung Cireundeu. Tujuannya adalah untuk mengembalikan ekosistem ataupun lahan-lahan yang masih kosong.

Baca Juga:  Pendaftaran Calon Pilkada Depok Tinggal Sebulan, Golkar dan PSI Tunggu Ini

“Mari kita tanami dengan pohon-pohon yang baik dan pohon yang keras, seperti buah-buahan dan sebagainya, agar bisa menanggulangi atau menjaga kelestarian alam sehingga alam ini tidak rusak, kita tanami dan kembalikan menjadi hijau sehingga tanah ini bisa terjaga,” ujarnya.

Dalam kegiatan penanaman pohon seperti ini sangat bermanfaat dan menguntungkan karena apabila lahan-lahan kosong tersebut dibiarkan terlantar dan bahkan terjadi proses penggundulan di dalamnya, maka dikhawatirkan dapat memicu bencana, erosi, khususnya tanah longsor.

Baca Juga:  Waduh, Penularan COVID-19 dari Klaster Industri di Karawang Tinggi

Untuk itu, Ngatiyana memberikan apresiasi kepada semua unsur yang tergabung dalam KPL atas prakarsanya dalam menyelenggarakan kegiatan tersebut. Diapun berharap bahwa kegiatan seperti ini dapat terus dilaksanakan secara rutin sehingga lahan/tanah kosong yang ada di wilayah lainnya di Kota Cimahi dapat ditanami demi menghindari berbagai potensi bencana, khususnya disaat musim hujan.

“Terima kasih kepada semua komunitas baik para ketua RW juga dari rekan-rekan kelurahan, dari Komunitas Pemungut Sampah (KPS) dan masyarakat serta Paguyuban ibu-ibu yang ada di Kelurahan Leuwigajah yang telah turut serta dalam penanaman pohon ini. Mudah-mudahan ini bermanfaat bagi masyarakat dan mampu menjaga ekosistem ataupun wilayah kita,” paparnya.

Baca Juga:  Waduh! Mensos Risma Sebut Potensi Kerugian Negara dalam Penyaluran Bansos lebih dari Rp523 M, Tapi...

Untuk diketahui, Ngatiyana melakukan penanaman pohon di daerah bertempat di RW 10 Kampung Cireundeu, Leuwigajah, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi. Sabtu (20/03/2021). Gerakan penanaman pohon tersebut yang diprakarsai oleh Komunitas Peduli Lingkungan (KPL) di lingkungan Kelurahan Leuwigajah. (RNU)