Pemerintah Ambil Tindakan Soal Rombongan Bonek Datang ke Bandung

JABARNEWS | BANDUNG – Pemerintah Kota Bandung ambil tindakan mengenai adanya rombongan suporter Persebaya Surabaya atau Bonek yang datang ke Kota Bandung. Datangnya para suporter Persebaya tersebut lantaran tim kesayangan mereka bermain di Bandung dalam gelaran Piala Menpora 2021.

Persebaya Surabaya sendiri memang tergabung ke dalam Grup C Piala Menpora 2021 yang dimainkan di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung. Persebaya berada di grup dengan tim-tim seperti Madura United, Persela Lamongan, Persik Kediri dan PS Sleman.

Meski tim-tim tersebut bermain di Bandung, para suporter tim dilarang untuk datang langsung ke stadion ataupun tempat di mana tim tersebut bermain. Hal itu berkaitan dengan anjuran pemerintah untuk tidak berkerumun selama kondisi pandemi Covid-19. Selain itu, PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) sebagai operator kompetisi juga telah memberikan larangan agar para suporter mendukung tim kesayangannya dari rumah saja.

Baca Juga:  Tunggu Tanggal Mainnya, Bom Waktu K2 Segera Meledak

Akan tetapi, baru-baru ini, ditemukan adanya rombongan Bonek yang datang ke Bandung dengan atribut mereka. Mereka disinyalir tetap “bandel” meskipun telah ada larangan khusus agar tidak mendukung langsung tim kesayangan mereka.

Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulayana pun mengeluarkan tindakan atas adanya rombongan suporter yang ada di Kota Bandung. Yana mengaku, pihaknya telah bekerja sama dengan PT Persib Bandung Bermartabat (PT PBB) selaku manajemen Persib dan tuan rumah dari Piala Menpora 2021 di Bandung. Pemerintah Kota Bandung bekerja sama dengan PT PBB agar memulangkan para suporter yang sudah datang ke Bandung.

“Kemarin kami sudah pertemuan dengan PT PBB soal dukung dari rumah, karena kita juga melihat biasanya kalau Persebaya itu main kan boneknya datang, itu belum tentu dari Surabaya, bisa dari daerah lain,” ujar Yana Mulyana, Senin (22/3/2021).

Baca Juga:  MTM Bantu Relawan Longsor di Cigalontang

“Kemarin pada saat pertemuan dengan beberapa Dinas terkait kami coba antisipasi, jadi kalaupun dia (Bonek) datang ke sini, kami upayakan langsung dipulangkan, tidak ada ruang untuk mereka, karena percuma tidak boleh menonton atau mendekati (Stadion), kami,” sudah sepakat,” tegasnya.

Untuk memulangkan para suporter tersebut, Yana memerintahkan PT PBB agar bekerja sama dengan PT KAI untuk memberikan transportasi kepulangan para suporter ke kotanya masing-masing. Pemerintah Kota Bandung sendiri mengaku tak memberikan tempat kepada para suporter yang datang ke Bandung.

“Kalau misal ada yang datang naik kereta, kemarin saya minta PT PBB hubungi PT KAI kerja sama, ketika mereka datang langsung cari jadwal berikutnya yang kembali ke sana (daerah asalnya), prinsipnya kami tidak berikan ruang,” jelas Yana.

Baca Juga:  Gara-gara Korek Api Gas, Rumah Panggung di Campaka Cianjur Ludes Terbakar

Selain itu, Yana juga sudah meminta agar para Bobotoh Persib mengingatkan kepada para Bonek agar tak datang ke Bandung untuk sementara ini. Hal ini berkaitan dengan kelancaran kelangsungan Piala Menpora yang sedang berjalan dan Liga 1 2021 yang akan berjalan berdasarkan acuan dari Piala Menpora ini.

“Kami sudah minta kepada Bobotoh juga agar membantu menyampaikan kepada mereka (Bonek) tidak perlu datang ke sini, karena kalau sampai ada apa-apa kan Piala Menpora berhenti, Liga tidak bisa digulirkan, kan ini percobaan, nanti yang rugi klubnya juga. Jadi, kalau sayang sama klubnya dukung dari rumah.” tutur Yana. (CR2)