Langit Bandung Dihiasi Cingcin Raksasa, BMKG Jelaskan Ini

JABARNEWS | BANDUNG – Warga Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) dibuat terpukau dengan fenomena alam unik yang terjadi pada Senin (22/3/2021) sekitar pukul 11.30 WIB.

Siang itu matahari tampak dikelilingi lingkaran bulat sempurna berwarna pelangi. Dilansir dari Suara.com, penampakan diabadikan oleh salah seorang warga Lembang Aep Sopandi (25), yang kemudian membagikannya di media sosial instagram dan status WhatsApp miliknya.

Baca Juga:  50 Orang Anggota DPRD Garut Ditetapkan KPU

“Kalau yang seperti ini baru pertama, apalagi memang tidak sengaja juga lihatnya. Kalau fenomena alam lain kan sering, seperti gerhana atau yang lainnya,” terangnya.

Berdasarkan penjelasan dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandung, fenomena tersebut dikenal sebagai Halo Matahari.

“Halo adalah fenomena optis berupa lingkaran cahaya di sekitar matahari dan bulan. Kadang-kadang pada sumber cahaya lain seperti lampu penerangan jalan,” ungkap Kepala BMKG Bandung Teguh Rahayu saat dihubungi.

Baca Juga:  Sosial Masyarakat di Kota Bandung Alami Pergeseran, Ulama Diminta Lebih Adaptif

Teguh menyebutkan ada berbagai macam halo, tetapi umumnya halo muncul disebabkan oleh kristal es pada awan cirrus (biasanya cirrostratus) yang dingin yang berada 5 sampai 10 km atau 3 sampai 6 mil di lapisan atas troposfer.

Fenomena ini bergantung pada bentuk dan arah kristal es. Cahaya matahari direfleksikan dan dibiaskan oleh permukaan es yang berbentuk batang atau prisma sehingga sinar matahari menjadi terpecah kedalam beberapa warna.

Baca Juga:  DPRD Jabar Temukan Kendala Pengelolaan Dana Desa

“Karena efek dispersi udara dan dipantulkan ke arah tertentu, sama seperti pada pelangi,” jelasnya.

Ia mengatakan, fenomena ini merupakan hal yang wajar atau biasa terjadi dan bukan pertanda sesuatu yang buruk sehingga. “Masyarakat diimbau untuk tetap tenang,” pungkas Teguh. (Red)