Masuk Tiga Besar Survei Capres, Ridwan Kamil: Saya Mah Hatur Lumayan Weh

JABARNEWS | BANDUNG – Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil mengucapkan terima kasih atas hasil survei Indikator Politik Indonesia yang menyatakan sosok Ridwan Kamil, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan masuk ke dalam tiga besar calon presiden (capres) pilihan anak muda atau milenial.

“Ya saya mah hatur lumayan weh. Saya tidak berubah etos kerjanya. Tidak ngatur-ngatur, tidak ngebuzzer-buzzer, tidak. Tapi kalau diapresiasi secara elektroral ya alhamdulillah,” kata RK ketika diminta tanggapan soal hasil survei tersebut, di Bandung, Selasa (23/3/2021).

Survei tersebut dilakukan dalam kurun waktu 4 hingga 10 Maret 2021 dengan metode simple random sampling yang melibatkan 206.983 responden yang terdistribusi secara acak.

Baca Juga:  Ini Penyebabnya Kenapa Kipas Radiator Mobil Avanza Tidak Berputar

RK menuturkan hasil survei tersebut tak akan mengubah etos kerja yang dilakukannya selama ini dan saat ini yang paling penting adalah memberikan kinerja yang terbaik untuk warga Jawa Barat.

“Dan juga masih panjang, jadi intinya mah faktanya diterima, tapi tidak mengubah etos kerja, saya tetap semangat, tetap kreatif, tetap inovatif,” kata dia.

Ia mengatakan kalangan milenial saat ini telah mendapatkan literasi politik secara digital dan semakin rajin pemimpin mengabarkan pencapaiannya di dunia maya, katanya, apresiasi itu pasti muncul.

Baca Juga:  Ini 4 Usulan KADIN-HIPMI Kepada Presiden

“Dan di era milenial, baliho-baliho politik sepertinya tidak akan laku,” katanya.

Sementara itu, terkait nama Ganjar dan Anies yang masuk ke dalam tiga teratas, RK tidak menganggap mereka sebagai saingan.

“Buat saya semuanya calon mitra bukan saingan. Karena kalau capres itu bukan soal elektabilitas perseorangan namun pasangan,” ujar Kang Emil demikian ia biasa disapa.

Sebelumnya, Lembaga survei Indikator Politik Indonesia merilis survei pilihan anak muda terhadap calon presiden pilihannya, nama Anies Baswedan menjadi pilihan terbanyak di antara 17 nama lainnya.

Baca Juga:  Lebih Bijak! 4 Cara Cerdas Mengatur Keuangan di Usia 20-an

“Di antara 17 nama yang paling tinggi secara absolut yang tertinggi itu Anies Baswedan,” kata Direktur Eksekutif Indikator Indonesia Burhanuddin Muhtadi dalam acara zoom meeting Rilis Survei Indikator: Suara Anak Muda tentang Isu-isu Sosial, Politik Bangsa, Minggu (21/3).

Berdasarkan hasil survei itu, Anies mendapatkan pilihan sebesar 15,2 persen, disusul Ganjar Pranowo sebesar 13,7 persen dan Ridwan Kamil 10,2 persen. (Red)