JMN Channel


Cegah Kecanduan Gawai pada Anak, Uu Ruzhanul Ulum: Peran Orang Tua Penting

Ada sejumlah indikasi anak kecanduan gawai. Mulai dari sering berdiam di kamar, bermain gawai lebih dari enam jam per hari, sampai mudah gelisah saat tidak bermain gawai.

Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum saat membuka webinar Kegiatan Penyebab Adiksi Gawai pada Anak dari Kabupaten Cianjur, Selasa (23/3/2021). (Foto: Humas Jabar).

JABARNEWS | CIANJUR - Fenomena kecanduan gawai pada anak menjadi perhatian Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat. Pembatasan pengunaan gawai pada anak harus dilakukan untuk melindungi anak dari kecanduan gawai.

Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum menyatakan, orang tua punya peran penting dalam membatasi penggunaan gawai, khususnya membatasi konten dan informasi yang tidak layak untuk anak.

Baca Juga:

Gandeng Polri, Pengusaha Cantik Sediakan Ribuan Vaksin Untuk Warga

Kembangkan Rebana Metropolitan, Uu Ruzhanul Ulum Undang ICMI



"Pendidikan merupakan benteng moral bagi mereka. Guru dan orang tua harus memberikan pendidikan tekstual dan kontekstual. Jangan lupa berikan pendidikan ukhrawi," kata Uu Ruzhanul Ulum dalam webinar Kegiatan Penyebab Adiksi Gawai pada Anak dari Kabupaten Cianjur, Selasa (23/3/2021).

Dia menuturkan, gawai bak pisau bermata dua. Jika digunakan dengan baik, gawai dapat menjadi sumber informasi dan pembelajaran bagi anak. Sebaliknya, jika tidak digunakan dengan bijaksana, gawai dapat berdampak negatif pada anak-anak.

Pembatasan dan pengawasan orang tua amat penting dilakukan. Apalagi, saat ini, banyak informasi bohong atau hoaks, pornografi, dan konten kekerasan, yang dapat diakses oleh anak melalui gawai, khususnya di media sosial.
Halaman selanjutnya 1 2 3
Tags : Uu Ruzhanul Ulum Kecanduan Gawai pada Anak Peran Orang Tua Penting Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini

berita terkait

JMN Channel

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

tag populer

unduh aplikasi