Mengenal Sejarah Masjid Agung Purwakarta Sebagai Tempat Wisata Religi

JABARNEWS | BANDUNG – Terkenal dengan beragam kulinernya, Ternyata Purwakarta juga memiliki banyak destinasi wisata yang bisa kalian kunjungi saat liburan, salah salah satunya yaitu masjid agung Purwakarta.

Masjid agung Purwakarta merupakan salah satu destinasi wisata religi yang bisa kalian kunjungi, disana kalian bisa beribadah sambil berwisata bersama teman-teman.

Di samping itu, dibagian belakang masjid ini terdapat salah satu makam  dari seorang tokoh penyebar agama islam yang biasa dipanggil dengan nama  Syekh Baing Yusuf.

Baca Juga:  Konsep Reformasi Birokrasi ala Dedi Mulyadi: ASN Harus Seperti Abdi Dalem

Syekh Baing Yusuf yang bernama asli Raden H Mohammad Joesoef bin Raden Djajanegara  merupakan seorang pendiri dari masjid tersebut. Baing juga merupakan salah satu keturunan dari Prabu Siliwangi yang ke-24.

Awal mulanya, masjid agung Purwakarta yang bernama masjid Baing Yusuf ini berbentuk menyerupai pendopo khas Jawa Barat. Akan tetapi, bangunan ini telah mengalami beberapa pembangunan sehingga berbentuk seperti sekarang.

Baca Juga:  Ramalan Zodiak Hari Ini Taurus, Kamu Harus Bekerja Keras Dengan Hubunganmu

Selain bangunan masjid, peninggalan dari syekh Baing yusuf lainnya juga masih bisa kalian temukan di sana. Salah satu peninggalan yang berharga yaitu kitab fiqih dan tasawuf berbahasa sunda, yang ditulis langsung oleh beliau.

Namun bukan hanya itu saja, di masjid ini juga terdapat pedang panjang yang menurut kisah dulunya digunakan sebagai pegangan khutbah jumat pada masa tersebut.

Baca Juga:  Mulai Besok, KAI Tawarkan Diskon 20 Persen Tiket Kereta Api Lebaran

Sungguh menarik buka kisah atau asal usul masjid agung Purwakarta ini, jika  tertarik untuk berkunjung ke tempat ini, kalian akan dengan mudah menemukannya.

Pasalnya lokasi masjid ini berlokasi di pusat kota Purwakarta, dengan kata lain berada di Alun-alun Purwakarta. Dengan begitu kalian dengan mudah menemukan tempat ini. (Mal)