Live Stream Bandung 132 TV


Politik Elektoral, Muswil PPP, Trah Ulama

Wagub Jabar, Uu Ruzhanul Ulum (Foto: Humas Jabar)

Penulis: Uu Ruzhanul Ulum (Wakil Gubernur Jawa Barat)

Secara empiris, perjalanan politik elektoral di Indonesia tidak bisa terlepas dari peran ulama atau para politisi yang memiliki trah kuat dari para ulama. Tradisi politik elektoral di Indonesia ini, sampai sekarang masih tidak bisa dipisahkan dari sentralisasi karismatik atau para ulama yang memiliki otoritas keumatan.

Baca Juga:

Polemik Perseteruan Vaksin Nusantara, Permainan Mafia atau Elit Politik?

Tak Tersentuh Program, Santri Salafiyah di Garut Dapat Bantuan Wagub Jabar



Terlepas klaim ini diterima atau tidak oleh sebagian pengamat, sejarah perjalanan politik elektoral di Indonesia telah sama-sama kita saksikan, bagaimana peran ulama dan para pelanjutnya banyak mewarnai kemenangan-kemenangan politik dari satu partai tertentu.

Bahkan kalau mau jujur, peran ulama dengan pesantrennya juga telah berjasa besar dalam melahirkan kemerdekaan Bangsa Indonesia. Pada konteks ini harus diakui bahwa ulama, trah ulama dan dunia kepesantrenan selalu memegang peranan penting dalam mengarahkan peta politik umat Islam dan masyarakat di Indonesia.

Secara sosiologis, peran ulama sebagai salah satu rujukan masyarakat pernah di deskripsikan oleh Clifford Geertz tahun 1960. Geertz telah menunjuk bahwa peran ulama sebagai perantara budaya bagi masyarakat.
Halaman selanjutnya 1 2 3
Tags : Politik Elektoral Muswil PPP Trah Ulama PPP Parpol Politik Uu Ruzhanul Ulum Wagub Jabar

berita terkait

Kabar Duka, Dadang Rusdiana Dikabarkan Meninggal Dunia

Partai Masyumi Lahir Kembali, Siap Rangkul Suara Umat Islam

JMN Channel

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

tag populer

unduh aplikasi