Peringati Bandung Lautan Api, Oded M Danial: Mari Bung Lawan Pandemi

JABARNEWS | BANDUNG – Wali Kota Bandung Oded M Danial mengajak masyarakat untuk memperingati 75 tahun peristiwa Bandung Lautan Api dengan memerangi COVID-19 untuk merdeka dari pandemi.

“Mari bung lawan pandemi. Kita tampilkan kembali semangat dan marwah Kota Bandung yang menjadi inspirasi bagi warga, bangsa di masa lalu dalam bentuk perlawanan terhadap pandemi,” kata Oded saat upacara peringatan Bandung Lautan Api di Bandung, Jawa Barat, Rabu (24/3/2021).

Baca Juga:  Akibat Abrasi, Pantai Tirtamaya Terancam Punah

Menurut dia cara berperang melawan COVID-19 yakni bukan dengan mengangkat senjata, melainkan dengan menjalankan strategi yang dilakukan pemerintah.

“Dengan cara mengikuti vaksinasi, memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan serta mengurangi mobiltas,” kata Oded.

Pemerintah Kota Bandung, menurut dia terus berupaya dan berkoordinasi dengan pemerintah pusat agar seluruh warga Kota Bandung bisa mendapatkan vaksin COVID-19.

Baca Juga:  Wakil Wali Kota Bekasi Terima Banyak Aduan Pungli BST, Begini Katanya

“Kita terus ikhtiar, koordinasi dengan pusat, dan kita mempersiapkan pelaksanaannya (vaksinasi),” kata dia.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan dulu warga memiliki semangat gotong royong mempertahankan kotanya.

Saat ini, kata dia, sikap yang sama harus dimiliki untuk merebut kembali kebebasan, yaitu hidup normal dan bebas dari virus corona.

Baca Juga:  Pemprov Jabar Sebut 6.000 Calon Petani Milenial Sudah Mendaftar

Salah satu caranya, menurut Yana, yaitu dengan vaksinasi COVID-19 yang bertujuan untuk membentuk kekebalan imun. Sebab semakin banyak orang yang divaksin, maka kekebalan kelompok akan terbentuk.

“Karena vaksinasi bukan untuk kepentingan diri sendiri tapi untuk kepentingan orang banyak, semakin banyak yang divaksin akan membentuk kekebalan kelompok,” kata Yana.(Red)