Walikota Tebing Tinggi: Teknologi Informasi Menjadi Tantangan Generasi Muda

JABARNEWS | TEBING TINGGI – Kemajuan teknologi informasi saat ini membuat arus informasi sangat cepat menyebar dalam skala lokal dan global. Informasi dari suatu Negara dengan hitungan detik dapat diketahui individu di negara lain melalui perangkat teknologi yang dimiliki setiap orang lain.

“Teknologi dan informasi menjadi tantangan bagi generasi muda dalam menyaring seluruh informasi yang didapat,” kata Walikota Tebing Tinggi, Umar Zunaidi Hasibuan, Jumat (26/3/2021).

Baca Juga:  Virus Corona Varian Lambda Disebut Lebih Mematikan daripada Delta

Dijelaskannya, saat ini menghadapi berbagai tantangan dalam dan ancaman luar negeri yang dapat menggerus kekuatan kesatuan Republik Indonesia. Tantangan itu kedepannya akan semakin besar terutama karena gelombang perkembangan teknologi informasi, Sains banyak memberikan manfaat kepada kita.

“Kalau kita tidak bisa menguasai dan kendali dengan baik maka bisa berdampak negatif kepada kita,” ucapnya.

Menurut dia, peran generasi muda sangat besar dalam melakukan wawasan kebangsaan, meneguhkan jati diri sebagai bangsa yang memegang teguh Pancasila dan negara kesatuan Republik Indonesia.

Baca Juga:  BMKG Peringatkan Sejumlah Wilah Ini Akan Diterjang Ombak Setinggi 4 Meter

“Pemahaman wawasan kebangsaan yang kuat akan mampu membentengi diri dari paham dan ideologi luar yang berpotensi memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa,” ungkap Umar.

Perlu diketahui, paham dan ideologi dari luar negeri seperti liberalisme, kapitalisme , Komunis dan radikalisme bercorak agama yang diimpor dari luar menjadi ancaman keutuhan bangsa. Bahaya lainnya adalah berkembangnya paham yang menyuburkan sikap fanatisme sempit separatisme radikalisme dan terorisme, paham-paham seperti itu masuk memanfaatkan celah keterbukaan dan kebebasan informasi.

Baca Juga:  Ternyata Ini Penyebab Lesty Kejora Ambruk

“Masa depan bangsa Indonesia ada di tangan anak-anak muda kekuatan dan keutuhan bangsa ini sangat ditentukan oleh kemampuan kaum muda yang sangat ini sangat sedang menempa diri menjadi pemimpin masa depan,” bilangnya. (Ptr)