Diguyur Hujan Deras, Tim SAR Pantau Debit Air Kawasan Pacet Cianjur

JABARNEWS | CIANJUR – Anggota Tim SAR Kompi 3 Batalyon B Pelopor yang di awaki Briptu Frenky Adi Wibowo melaksanakan patroli pengecekan debit air sungai dikarenakan dinamika cuaca yang tidak menentu.

Akibat sering terjadinya hujan lebat yang sangat deras dan banyak daerah atau tempat yang berpotensi mengalami potensi banjir dan banyak sungai-sungai yang meluap serta tidak dapat menampung lagi curah hujan yang tinggi, Jumat (26/3/2021).

Sementara untuk wilayah di Kabupaten Cianjur sendiri terpantau curah hujan masih relatif sedang namun anggota Tim SAR Batalyon B pelopor tetap siaga, antisipasi terjadinya banjir. Patroli ke sungai yang berada di Kampung Lembut Kebon Desa Cibodas guna mengecek debit air sungai apakah ada kenaikan volume dari arus sungai tersebut.

Baca Juga:  Mau Paparkan Ide, Pentolan Sunda Empire Ajukan Penangguhan

Dari hasil pantauan dan laporan dari masyarakat sekitar, untuk sungai masih di batas aman dan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan akan tetapi bila terjadi hujan yang sangat lebat, memungkinkan sungai tersebut meluap.

Komandan Kompi 3 Batalyon B pelopor Sat Brimob Polda Jabar Iptu Apep Yusup Maolana mengatakan bahwa kali ini anggota tim SAR akan terus melaksanakan patroli di musim penghujan.

Baca Juga:  Ambu Anne Perintahkan Aktivitas Galian Tanah di Kecamatan Sukatani Ditutup

“Kita bisa mengantisipasi kemungkinan yang akan terjadi dari hal-hal yang tidak diinginkan dan juga bisa memberikan himbauan kepada masyarakat sekitar bilamana ada sampah di sungai tersebut agar dibersihkan,” kata Apep.

“Bila terjadi hujan yang sangat deras aliran air tidak terhambat oleh sampah sehingga melancarkan aliran sungai yang apabila terjadi hujan yang sangat lebat,” tambahnya.

Baca Juga:  Ngaku Sebagai Polisi, Malah Seenak Jidat Aniaya Warga Bandung

Di tempat terpisah Dansat Brimob Polda Jabar Kombes Pol. Yuri Karsono menyampaikan, Patroli SAR yang dilakukan ini adalah bentuk dukungan terhadap pelaksanaan dalam rangka kesiapsiagaan terjadinya bencana alam terhadap situasi terkini agar masyarakat lebih hati-hati ketika hujan lebat.

“Ini merupakan salah satu bentuk bhakti Sat Brimob Polda Jabar sebagai pelindung, pengayom dan pelayan dengan menghadirkan Negara di tengah-tengah masyarakat guna menciptakan situasi tetap aman dan nyaman,” jelasnya. (RNU)