Geger, Warga Cianjur Temukan Buaya Muara Sepanjang 1,5 Meter

JABARNEWS | CIANJUR – Nelayan di Pantai Jayanti, Kabupaten Cianjur, menangkap seekor buaya muara sepanjang 1,5 meter dengan bobot 50 kilogram (kg). Hewan buas itu kemudian diserahkan ke Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jabar, Resort Gunung Simpang, Kabupaten Cianjur.

Kepala BKSDA Resort Gunung Simpang Meri Juanda mengatakan, petugas langsung menuju ke lokasi penemuan buaya muara yang masuk dalam hewan langka dilindungi itu, setelah mendapat laporan dari nelayan sekitar yang menemukannya. Nelayan yang sedang mencari ikan menangkap buaya tersebut.

“Kami mendapat laporan dari aparat setempat terkait, temuan buaya sepanjang 1,5 meter dengan berat 50 kilogram itu, ditangkap empat orang nelayan di perairan Kampung Puncak Kukun, Desa Karangwangi, Kecamatan Cidaun, saat mencari ikan dan karang laut,” katanya.

Baca Juga:  Anda Golongan Darah O? Hindari Konsumsi Buah-buahan Ini

Buaya muara yang diperkirakan berusia kurang dari satu tahun itu, merupakan hewan langka yang dilindungi, sehingga warga atau nelayan diimbau agar tidak memburu atau membunuh hewan tersebut, karena beredar informasi sebelumnya warga sempat melihat dua ekor buaya di sekitaran muara.

“Kami berharap kalau melihat buaya tersebut, warga diimbau untuk tidak memburu, apalagi sampai membunuh. Karena buaya muara masuk dalam hewan langka dan dilindungi, sehingga kalau melihat ada buaya silahkan laporkan ke kami di Gunung Simpang, Kecamatan Naringgul,” katanya.

Baca Juga:  Gara-gara Tak Masuk Kerja Polisi di Deli Serdang Dipecat Tidak Hormat

Rencananya, kata dia, buaya tersebut akan diserahkan ke penangkaran milik BKSDA Jabar atau dititipkan sementara ke kebun binatang yang ada di Bandung, sebelum kembali dilepasliarkan di alam bebas.

Pihaknya menduga dua ekor buaya yang sempat dilihat warga muncul di muara Cidaun, karena berbagai faktor karena habitatnya terganggu atau ada warga yang sengaja melepaskan kedua buaya tersebut ke muara.

“Karena kehadiran buaya di muara tersebut, baru pertama kali sejak beberapa puluh tahun terakhir,” kata Meri Juanda.

Kapolsek Cidaun, AKP Sumardi, mengatakan satu bulan sebelumnya, nelayan dan warga sekitar sempat digegerkan dengan kemunculan dua ekor buaya muara yang terlihat muncul di pinggir pantai.

Baca Juga:  Yuda Firmansah, Atlet Asal Purwakarta Sabet Mendali Di Asian Games 2018

Bahkan, kata dia, warga sempat melaporkan hal tersebut ke polsek dan kecamatan karena cukup meresahkan warga terutama nelayan yang kerap mencari ikan di pinggiran pantai.

“Kami bersama BKSDA akan menyelidiki apakah buaya tersebut, sengaja dilepaskan atau memang karena habitatnya di muara terganggu karena selama ini, warga tidak pernah melihat ada buaya di muara sejak puluhan tahun terakhir. Sedangkan buaya yang ditangkap nelayan mungkin anaknya karena saat terlihat satu bulan lalu ada yang ukurannya lebih besar,” katanya. (Red)