Kilang Balongan Kebakaran, Pertamina Jamin Stok BBM di Cimahi Aman

JABARNEWS | CIMAHI – Kebakaran hebat yang terjadi di kilang Pertamina Balongan, Indramayu, Senin (29/3/2021) dini hari. Meski begitu, Pertamina wilayah Cimahi dan sekitarnya menjamin keamanan stok Bahan Bakar Minyak (BBM).

Sales Branch Manager Rayon I Bandung PT Pertamina Warih Wibowo mengatakan, kebakaran kilang Balongan tersebut tidak mengganggu jalur distribusi BBM untuk wilayah Bandung, Cimahi, dan sekitarnya. 

“Saat ini penyaluran normal. Untuk wilayah Cimahi disuplai dari Terminal BBM Ujungberung dan Padalarang, di mana pasokan BBM nya dari wilayah kilang Cilacap,” kata Warih kepada wartawan.

Baca Juga:  Hasil Lelang Jas RK Untuk Korban Gempa Lombok

Pertamina pun meminta masyarakat agar tidak panik dan khawatir akan kelangkaan BBM, akibat dari kebakaran tersebut. Pertamina menjamin ketersediaan stok BBM di sejumlah SPBU di wilayah Bandung, Cimahi, dan sekitarnya. 

Baca Juga:  Ini Langkah Kapolres Purwakarta Yang Baru

“Untuk konsumsi BBM di Kota cimahi itu perhari di kisaran 280 Kiloliter. Dan pasokannya sampai saat ini dijamin aman, karena itu tadi pasokan kita dari wilayah Cilacap,” jelasnya. 

Sebelumnya, kilang Pertamina Balongan di Indramayu terbakar hebat. Titik kebakaran terjadi pada tangki T-301G. Insiden kebakaran tersebut berlangsung Senin (29/3/2021) dini hari, pukul 00.45 WIB.

“Terjadi insiden di kilang Pertamina Balongan yang menyebabkan terjadinya kebakaran pada tangki T-301G,” kata Corporate Secretary Subholding Refining & Petrochemical PT Kilang Pertamina Internasional Ifki Sukarya.

Baca Juga:  46 SD/MI Meriahkan Lada Fest UPI

“Penyebab kebakaran belum diketahui secara pasti, namun pada saat kejadian sedang turun hujan deras disertai petir. Saat ini juga tengah dilakukan normal shutdown untuk pengendalian arus minyak dan mencegah perluasan kebakaran,” kata Ifki menambahkan. (Yoy)