Umar Zunaidi Sebut Sektor Pertanian Dapat Tingkatkan Ekonomi di Masa Pandemi

JABARNEWS | TEBING TINGGI – Walikota Tebing Tinggi, Umar Zunaidi Hasibuan menekankan, sektor pertanian dapat meningkatkan perekonomian masyarakat di masa pandemi Covid-19. Sebab kesejahteraan petani dimana sektor pertanian dianggap lebih mampu bertahan.

“Sektor pertanian dapat memulihkan perekonomian masyarakat di masa pandemi, dimana petani dapat terus bertahan saat pandemi,” katanya, Selasa (30/3/2021).

Ia menjelaskan, lahan pertanian di kota Tebing Tinggi secara existing hari ke hari, dari tahun ke tahun mengalami penyusutan. Sementara sektor pertanian masih menjadi sektor andalan oleh pemerintah.

Baca Juga:  Tiang Pancang Tol Bogor Outer Ring Road (BORR) Ambruk

“Sektor pertanian merupakan salah satu sektor yang menjadi tumpuan dalam hal ketahanan pangan, namun lahan pertanian di Tebing Tinggi setiap tahun menyusut,” ungkap Umar.

Menurutnya, harus ada inovasi-inovasi sehingga pemulihan ekonomi bisa lebih cepat lagi. “kita tidak melulu terpaku pada satu kegiatan tetapi bagaimana kita bisa inovasi, kita bisa combine kegiatan-kegiatan lain semata-mata tujuannya untuk meningkatkan perekonomian kita,” ucapnya,

Baca Juga:  Beri Uang ke PMKS di Wilayah Bandung, Siap-siap Kena Denda

“Salah satu kegiatan dapat memulihkan perekonomian dengan memaksimalkan sektor pertanian,” tambahnya.

Di tempat terpisah, Kasi Tanaman Obat dan Hortikultura Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sumatera Utara, Adri Nasution menjelaskan, dinas TPH Sumut terus mengucurkan bantuan untuk Kota Tebing Tinggi baik itu cabe merah, bawang merah, jagung dan komoditi lainnya untuk mempertahankan sektor pertanian.

Baca Juga:  Target Minggu Ini, Ibu hamil di Purwakarta Bakal Divaksin Covid-19

“Pada Tahun 2020 sudah alokasikan bawang merah seluas 9 hektar dimana kita bagi dalam beberapa tahapan. Untuk cabe merah dialokasikan sekitar 5 hektar,” terangnya. (Ptr)