Pesan Dedi Mulyadi Untuk Petani Milenial: Jangan Terpaku Dengan Sawah

JABARNEWS | PURWAKARTA – Keberadaan petani milenial kini menjadi profesi baru yang digemari oleh para pemuda. Di tengah lahan pertanian yang semakin kecil, petani milenial harus bisa terus berinovasi agar tetap produktif terlebih di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini.

Hal tersebut diungkapkan oleh Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Dedi Mulyadi saat menjadi pembicara dalam pelatihan dan bimbingan teknis terhadap para petani milenial bersama Balai Besar Penelitian Tanaman Padi di Tajug Gede Purwakarta, Selasa (30/3/2021).

“Menjadi petani itu jangan terpaku dengan sawah. Sekarang sawah sudah habis jadi perumahan dan pabrik,” ujar Dedi Mulyadi.

Menurut Dedi Mulyadi petani kini bisa memanfaatkan lahan terbatas sebagai media tanam menggunakan jenis bibit khusus. Contohnya padi gogo yang bisa ditanam menggunakan pot di mana saja dan kapan saja.

Baca Juga:  Yana Mulyana Tegaskan Kesehatan Mental Remaja Sangat Penting di Masa Pandemi Covid-19

Contoh lainnya, kata Dedi Mulyadi, pelajar di Purwakarta sejak awal pandemi tetap produktif dengan melakukan penanaman padi gogo di sekolah dan rumah. “Sekarang kita bisa lihat anak-anak tiga sampai empat bulan sekali bisa panen. Jadi perlu pemikiran inovatif agar anak tetap produktif daripada disuruh belajar daring yang akhirnya mereka malah main atau motor-motoran tidak karuan,” ucapnya.

Dedi Mulyadi juga meminta pemerintah dalam hal ini Dinas Pangan dan Pertanian memberi contoh kepada masyarakat memanfaatkan lahan yang ada untuk ditanami tanaman produktif seperti padi gogo.

“Sekarang dinas pertanian saja beras masih beli, harusnya kasih contoh jangan hanya mengajari saja. Coba sekarang itu hitung setiap bangunan pemerintah ada berapa lahan kosong, tanami padi gogo, saya yakin kita tidak perlu lagi beli beras apalagi impor,” katanya.

Baca Juga:  Adi Setiawan Salah Satu Calon Terkuat Dalam Pemilihan Ketua IPNU Jabar

Ia menyebut padi atau beras merupakan sebuah harga diri bagi masyarakat Sunda. Sehingga para petani selalu memakan manajemen hati bukah hitungan bisnis dalam mengelola sawahnya.

“Petani leluhur kita itu bertani bukan urusan untung rugi, tapi memakai manajemen hati. Menanam dengan penuh cinta, kebaikan dan ibadah. Tapi sekarang lihat, karena semua serba dihitung mulai dari perencanaan, biaya ini itu, kemudian nanti panennya untung segitu, malah pada rugi. Buktinya wilayah penghasil beras terbesar di Jabar malah pengkonsumsi beras raskin atau rasta terbanyak,” ucap Dedi Mulyadi.

Di tempat yang sama Kepala Badan Litbang Kementerian Pertanian Fajri Jupri mengatakan pelatihan dan bimbingan teknis tersebut diharapkan bermanfaat dalam meningkatkan kompetensi petani milenial sekaligus mensosialisasikan teknologi yang dihasilkan Badan Litbang Pertanian.

Baca Juga:  Kasus Covid-19 di Purwakarta Turun, Anne Ratna Mustika: PPKM Darurat Efektif

Bimbingan teknis bertema Peningkatan Kapasitas SDM Petani dan Penyuluh kali ini para petani milenial dijarkan untuk penggunaan alat tanam benih langsung (ATABELA). Teknologi ATABELA merupakan salah satu komponen teknologi LARGO SUPER yang pernah di launching pada tahun 2018.

“Teknologi ini diaplikasikan untuk budidaya lahan gogo. Varietas unggul baru yang akan di demokan melalui teknologi ATABELA adalah Inpago 12 yang sudah teruji unggul ditanam setiap musim di lahan gogo Tajug Gede,” ucap Fajiri.

Kegiatan kali ini diikuti oleh sekitar 200 petani milenial dari berbagai wilayah Kabupaten Purwakarta. Selain diberi pengarahan dan teori, para petani milenial juga langsung praktek melakukan penanaman padi gogo di lahan yang berada sekitar Tajug Gede Purwakarta. (Red)