Mengenal Sejarah Sambil Berwisata Di Museum Prabu Geusan Ulun Sumedang

JABARNEWS | BANDUNG – Terkenal memiliki beragam sejarah menjadikan Kabupaten Sumedang selalu menjadi tujuan wisata saat liburan akhir pekan, salah satu tempat yang sering tempat wisata yang bisa kalian kunjungi yakni Museum Prabu Geusan Ulun.

Museum Prabu Geusan Ulun sendiri merupakan sebuah museum yang berisikan peninggalan-peninggalan bersejarah pada masa kerajaan di Sumedang, tentunya hal tersebut menarik untuk kita ulas.

Ketika kalian memasuki tempat wisata Museum Prabu Geusan Ulun kalian akan langsung melihat beberapa rumah panggung yang masih terawat dengan baik, di dalam rumah atau gedung-gedung tersebut masing-masing disimpan benda bersejarah.

Baca Juga:  Ada Dugaan Penyelewengan BPNT Di Kecamatan Maniis Purwakarta

Seperti gedung Pusaka, gedung gamelan, gedung kereta hingga Gedung bumi kaler. Gedung bumi kaler sendiri dahulunya merupakan rumah yang ditempati oleh Keluarga pangeran sugih dan sekarang digunakan sebagai penyimpanan barang bersejarah.

Di dalam Gedung bumi kaler ini terdapat seekor harimau yang telah diawetkan dan dijadikan sebagai patung, tentunya hal tersebut sangat menarik untuk kita lihat dan datang langsung ke tempat tersebut.

Bagi yang tertarik untuk berkunjung ketempat wisata sejarah Museum Prabu Geusan Ulun yang berlokasi di Jalan Prabu Geusan Ulun No.40, Regol Wetan, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat ini. Kalina mesti membayar Rp 3000/orang untuk tiket masuk.

Baca Juga:  Tim PASTI Harus Kawal Kemenangan Pilkada

Selain itu, ditambah lagi dengan biaya parkir Rp 2000 untuk kendaraan roda dua (motor) dan Rp 5000 untuk kendaraan roda empat (mobil). Tentunya harga tersebut terbilang masih terjangkau.

Dengan begitu kalian bisa berkunjung sambil mengenal sejarah tanpa harus merogoh kocek saku lebih dalam lagi. Hal tersebut juga menjadi salah satu daya tarik pengunjung untuk datang ke tempat ini.

Baca Juga:  Minim, Pasokan Garam Untuk Industri

Untuk rute menuju lokasi wisata Museum Prabu Geusan Ulun ini terbilang cukup mudah. Jika berangkat dari bandung menggunakan mobil umum (bus), kalian bisa naik bus jurusan Bandung-Sumedang. Lalu kalian bisa turun di dekat Alun-alun Sumedang.

Nah, dari situ kalian bisa menggunakan jasa ojek online. Karena lokasi dari tempat tersebut tidak begitu jauh dari alun-alun Sumedang. Tentunya tempat tersebut bisa menjadi salah satu tujuan kalian dikala liburan akhir pekan tiba. (Mal)