Ini 11 Singkatan di Dunia yang Banyak Orang Tak Tahu Kepanjangannya

JABARNEWS | BANDUNG – Dengan kosakata yang sangat sering kita ucapkan, tidak sedikit kita menemukan atau bahkan membuat singkatan-singkatan baru guna mempermudah kita dalam berinteraksi dengan seseorang.

Nah, tapi tahu kah kamu kepanjangan dari beberapa singkatan yang kamu gunakan sehari-hari? Berikut ini kami akan rangkum 11 singkatan yang enggak semua orang tahu kepanjangannya.

1. HVS – Pastinya bagi semua orang, singkatan ini sudah enggak asing lagi. Sering menyebutkan, tapi apakah kamu sudah tau artinya? HVS memiliki kepanjangan Hout Vrij Schrift. HVS ternyata memiliki arti kertas tulis. Wah, pantas saja ya.

2. Laser – Ketika mendengar laser, pastinya kita selalu membayangkan cahaya yang sangat terang. Enggak banyak yang tahu, ternyata laser merupakan singkatan lho. Kepanjangannya adalah Light Amplifiation by Stimulated Emmission Radiation. Pernah tahu sebelumnya?

3. OK – Setiap hari, pastinya kata ini enggak pernah enggak disebut. Biasanya, kita menggunakannya jika kita menyetujui suatu hal. Namun, ternyata kata OK memiliki kepanjangan, lho! Singkatan ini berasal dari Bahasa Inggris, yaitu All Correct atau semua benar. Namun di Indonesia, kata ini berubah jadi All Korrect atau OK.

Baca Juga:  Inspiratif! Dari Jualan Parsel, Owner Zayn Shop Ngaku Sampe Kebeli Rumah

4. H&M – Siapa yang sudah enggak asing dengan ritel asal Swedia satu ini, nih? Kamu tahu enggak sih kalau nama H&M ini merupakan singkatan dari Hennes & Mauritz.

Awalnya, H&M sempat bernama Hennes saja, yang artinya ‘Hers’ atau milik perempuan, karena hanya menjual pakaian perempuan. Namun pada 1968, Hennes mengubah namanya karena bergabung dengan lini pakaian pria asal Stockholm, Maurits Widforss. Barulah nama H&M yang berarti Hennes & Mauritz ini terbentuk.

5. Ray-Ban – Siapa yang enggak kenal dengan merek kacamata satu ini? Walaupun terkenal menjual kacamata hitam, Ray-Ban memang menjual kacamata biasa. Omong-omong, tahukah kamu apa kepanjangan nama dari Ray-Ban serta asal muasalnya?

Merek ini lahir karena permintaan seorang pilot yang ingin dibuatkan kacamata untuk menghalangi sinar matahari masuk ke matanya selama terbang. Dalam bahasa Inggris, menghalangi sinar matahari disebut ‘x-ray banned’.

Baca Juga:  Soal Hepatitis Akut, Dinkes Kota Bandung Imbau Masyarakat Waspada dan Jangan Panik

Sang perusahaan, Bausch & Lomb, berpikir untuk menyempurnakan nama tersebut. Lalu lahirlah nama Ray-Ban, yang berarti penghalang sinar matahari.

6. DAMRI – Bagi kamu yang pernah menaiki bus entah itu pulang dari bandara atau malah pergi ke bandara, pasti sudah enggak asing dengan bus DAMRI ini. Namun, pernahkah kamu berpikir arti DAMRI? DAMRI ternyata singkatan dari Djawatan Angkoetan Motor Repoeblik Indonesia, yang terbentuk pada 15 November 1946 silam. Pernah dengar?

7. GPS – Nah, untuk singkatan saat ini pasti tahu lah, ya. Biasanya singkatan ini sering disebut ketika kamu lagi naik ojol, “Pakai GPS aja, Pak!”. Tapi, pernah enggak ya kepikiran apa arti GPS?

GPS sejatinya merupakan singkatan dari Global Positioning System, atau dikenal sebagai Sistem Pemosisi Global dalam bahasa Indonesia. Atau istilah awamnya: peta!

8. BH – Apalagi kalau kita enggak sebut pakaian dalam ini dengan singkatan BH? Tahukah kamu apa kepanjangan dari dua huruf penuh makna yang satu ini? Buste Hounder atau BH ini berasal dari bahasa Belanda untuk penyangga payudara. Hmm, pernah tahu enggak nih?

Baca Juga:  HUT TNI Ke-72, Koramil 1906/Sukatani Gelar Kegiatan Karya Bhakti

9. WC – Hayo jujur, siapa di antara kamu yang tahu apa kepanjangan dari WC? Meski sudah mengenal istilah yang satu ini sejak kecil, tak banyak dari kamu yang tahu apa kepanjangannya. WC ini memiliki artian Water Closet, yang berarti tempat untuk buang air besar.

10. HP – Laptop memang selalu menjadi kebutuhan pribadi, dan pasti kalian sudah enggak asing lagi dengan brand satu ini. Kalau mendengar HP pasti teringat oleh handphone, brand ini singkatan dari Hewlett Packard. Nama ini diambil dari nama pendirinya, yaitu Bill Hewlett dan Dave Packard.

11. Robot – Selama ini mungkin kamu mengira bahwa robot merupakan sebuah kata. Namun nyatanya, hal ini justru salah besar! Robot merupakan singkatan dari Residents Official Board of Technology, yang berarti mesin yang bisa bergerak. (Red)