JMN Channel


Menko Polhukam Mahfud MD: Kerja Jurnalis Harus Dilindungi, Follow Up Kasus Ini!

Menko Polhukam Mahfud MD bersama perwakilan AJI dan LBH Pers. (Foto: Dok AJI)

Berdasarkan catatan Bidang Advokasi AJI Indonesia, sepanjang 2020, kasus kekerasan terbanyak terjadi di Ibu Kota Jakarta (17 kasus) disusul Malang (15 kasus), Surabaya (7 kasus), Samarinda (5 kasus), Palu, Gorontalo, Lampung masing-masing 4 kasus.

Dari jenis kasus kekerasan yang dihadapi jurnalis, sebagian besar berupa intimidasi (25 kasus), kekerasan fisik (17 kasus), perusakan, perampasan alat atau data hasil liputan (15 kasus), dan ancaman atau teror 8 kasus. Sedangkan dari sisi pelaku, polisi menempati urutan pertama dengan 58 kasus, disusul tidak dikenal 9 kasus, dan warga 7 kasus.

Baca Juga:

PWI Mengetuk Pintu Langit, M.Nuh: Ikhtiar Spiritual Luar Biasa Melawan Covid-19

Jurnalis Cirebon Gelar Solidaritas Buat Rekan Seprofesi yang Terkena Covid-19



Perwakilan AJI Indonesia dan LBH Pers juga menyampaikan catatan kasus kekerasan terhadap jurnalis yang terjadi di Indonesia selama beberapa tahun terakhir, termasuk kekerasan di ranah digital dan ancaman Undang Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE). 

Menyikapi hal ini, Menko Polhukam menyebutkan akan menggelar pertemuan bersama Ketua Dewan Pers, Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Menteri Komunikasi dan Informatika, serta Kapolri. (Red)
Halaman sebelumnya  1 2 3 4
Tags : Menko Polhukam Mahfud MD Jurnalis AJI Dewan Pers LBH Pers Jurnalis

berita terkait

JMN Channel

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

tag populer

unduh aplikasi