Tokoh Umat Kristen: Toleransi Beragama di Purwakarta Sangat Baik

JABARNEWS | PURWAKARTA – Pentingnya toleransi serta kerendahan hati dengan saling menghargai dan menghormati di setiap kegiatan keberagamaan masing-masing, menjadi kunci inti terciptanya iklim damai di Purwakarta.

Hal tersebut diungkapkan Tokoh Umat Kristen di Purwakarta, Pendeta Efori Gulo, saat dihubungi melalui telepon selulernya, pada Jumat (2/4/2021).

“Di Kabupaten Purwakarta ini toleransi antar umat beragama sangat baik jadi, kami yang ibadah Jumat Agung dan merayakan Paskah, tidak takut. Selain itu penguatan pengamanan telah dilakukan Polri dan TNI, untuk menjaga setiap gereja yang ada di kabupaten Purwakarta,” tutur, Pendeta Efori.

Baca Juga:  Daarul Qur'an Bicara Perwakafan Di Indonesia Pasca Jokowi Resmikan Gerakan Wakaf Nasional

Ia menjelaskan, di masa pandemi kali perayaan Paskah dilakukan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dan disiplin 5M. Yaitu, memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

Menurut Pendeta Efori, disiplin dalam prokes dan 5M adalah bagian dari pengorbanan untuk bersama-sama menjaga diri, keluarga, dan masyarakat agar tidak tertular Covid-19.

“Kami berharap agar pandemi Covid-19 ini bisa segera teratasi sehingga umat bisa kembali dalam kehidupan normalnya. Paskah tahun ini, supaya Tuhan melindungi bangsa dan negara kita agar tetap aman dan damai serta tetap memelihara kerukunan maupun toleransi,” tutur pria yang menjabat sebagai Wakil Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Purwakarta itu.

Baca Juga:  Ridwan Kamil Apresiasi Kampung Adat Ciptagelar, Kagumi Teknologinya

Ia berpesan, umat nasrani untuk menjadikan nilai-nilai Paskah sebagai spirit membangun masyarakat. Caranya, dengan semakin peduli kepada sesama, khususnya yang menderita, sebagaimana dicontohkan Yesus.

“Mari membuka hati dan peduli kepada sesama. Nilai ini sangat penting, terlebih di tengah pandemi yang sudah lebih setahun ini mendera bangsa. Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri,” pesannya.

Baca Juga:  Presiden Bakal Anugerahi Penghargaan Tertinggi Untuk Jabar

Pendeta Efori juga mengajak umat kristiani yang ada di Purwakarta supaya tetap tenang dalam ibadah, dan tetap mengikuti Protokol Kesehatan sesuai anjuran pemerintah.

“Tetap taati protokol kesehatan pencegahan Covid-19 dan tetap tenang. Soal keamanan, kita sudah percayakan kepihak keamanan setiap pelanggaran hukum untuk ditindak. Kami berharap toleransi di kabupaten Purwakarta yang sudah sangat baik ini tetap terpelihara dengan baik berkat dukungan semua pihak,” tungkas Ketua Majelis Gereja Isa Almasih Jemaat Cibening, Kabupaten Purwakarta. (Gin)