Berikut Ini Tips Sehat Konsumsi Makanan Terbaik Saat Bulan Ramadhan, Simak!

JABARNEWS | BANDUNG – Bagi kalian yang berpuasa di Bulan Ramadhan 2021, khususnya bagi muslim dianjurkn tetap mendapatkan asupan nutrisi yang cukup dengan mengonsumsi beragam menu sehat, baik itu saat berbuka puasa maupun sahur.

Hal tersebut perlu dilakukan dan tidak bisa hanya dipandang sebelah mata saja. Pasalnya, konsumsi makanan sehat saat bulan puasa sangatlah penting untuk menjaga kesehatan tubuh, sehingga bisa menjalankan ibadah puasa dengan lancar.

Kecukupan asupan nutrisi tidak semata-mata tergantung pada banyaknya jumlah makanan yang disantap, melainkan seberapa besar gizi yang terkandung dalam makanan tersebut.

Baca Juga:  Saatnya Mojang Jawa Barat, Audisi Miss Indonesia 2024 Digelar Di Bandung

Dilansir dari Alodokter, berikut adalah beberapa makanan bergizi yang tidak boleh ditinggalkan, baik saat berbuka puasa maupun sahur bersama keluarga di rumah:

1. Makanan atau minuman manis

Tidak ada salahnya jika Bunda menyajikan makanan atau minuman manis dalam porsi secukupnya sebagai menu pembuka saat berbuka puasa. Hal ini karena makanan atau minuman manis, seperti sirop, teh manis, buah kurma, atau melon, dinilai dapat mengembalikan energi dalam tubuh.

Tapi, ingat, porsi makanan manis yang dikonsumsi tidak boleh terlalu banyak ya, Bun. Konsumsi secukupnya saja, agar terhindar dari masalah kesehatan akibat kelebihan kadar gula darah.

Baca Juga:  Dua Remaja Ini Tewas Tergilas Truk Tronton

2. Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks

Pilihlah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks sebagai pasokan energi, mineral, dan serat yang dibutuhkan oleh tubuh setelah seharian berpuasa. Jenis makanan yang disajikan bisa berupa nasi merah atau roti gandum.

3. Sayuran dan buah-buahan

Sayuran dan buah-buahan merupakan kelompok makanan yang kaya akan nutrisi di dalamnya, mulai dari mineral, serat, hingga vitamin. Jadi, selama Ramadhan, usahakan agar Bunda dan keluarga tetap mengonsumsi sayur dan buah ya. Selalu sajikan buah dan sayur, baik saat berbuka puasa maupun sahur.

Baca Juga:  Calon Ibu Mesti Tahu! Inilah Dua Persiapan Sebelum Melahirkan Anak Pertama di Rumah Sakit

4. Ikan dan daging

Jangan lupa untuk memasukkan makanan berprotein ke dalam daftar menu di rumah ya, Bunda. Protein berfungsi untuk membangun dan memperbaiki jaringan tubuh, serta meningkatkan daya tahan tubuh. Pilihlah protein rendah lemak, seperti ikan, ayam tanpa kulit, atau daging tanpa lemak.

Demi menjaga kesehatan jantung, hindari makanan yang banyak mengandung lemak, seperti gorengan, sop buntut, sate, daging sosis, jeroan, daging kambing, daging bebek, pizza, burger, dan masakan bersantan. (Red)