Mau Beli Ponsel Realme C25? Jangan Dulu, Baca Ini!

JABARNEWS | BANDUNG – Realme kembali merilis ponsel baru yang diberi nama realme C25. Realme C25 terlihat istimewa karena memiliki sertifikasi keandalan tinggi TÜV Rheinland.

Ponsel yang dirilis pada 23 Maret 2021 lalu ini Keberadaan sertifikasi keandalan tinggi TÜV Rheinland tentu saja bisa meningkatkan daya tawar ponsel kelas entri realme ini. Pasalnya, sebelumnya tak ada satupun smartphone kelas entri yang punya sertifikasi ini.

Namun, alangkah baiknya sebelum membeli ponsel realme C25, pembeli mengecek dan mencari tahu Spesifikasi, kelebihan, dan kekurangannya. Oleh karena itu, kami akan mengulas sedikit tentang apa saja yang harus diperhatikan sebelum membeli ponsel realme C25 ini.

1. Spesifikasi realme C25

Layar: IPS LCD, 6,5 inci HD+.

Chipset: MediaTek Helio G70 (12 nm)

CPU: Octa-core (2×2,0 GHz Cortex-A75 & 6×1,7 GHz Cortex-A55)

GPU: Mali-G52 2EEMC2

RAM: 4 GB

Memori Internal: 64 GB, 128 GB

Memori Eksternal: microSD hingga 256 GB (slot khusus)

Kamera Belakang: 48 MP + 2 MP + 2 MP

Kamera Depan: 8 MP

Baterai: Li-Po 6000 mAh, tidak dapat dilepas

2. Desain realme C25

Baca Juga:  Berkemah Sembari Berbaur Dengan Alam Di Objek Wisata Curug Capolaga Subang

Realme C25 hadir dua pilihan warna, yakni Water Blue dan Water Grey. Bagian belakang smartphone ini memiliki tekstur yang dipoles menggunakan teknologi mutakhir dari Jerman dengan mesin ukiran lima sumbu presisi.

Setelah 300 menit pemolesan, 450+ lekukan diukir untuk menciptakan efek cahaya reflektif khusus. Penggunaan teknologi ini membuat Realme C25 lebih berwarna, menarik, nyaman digenggam dan bebas sidik jari serta efektif mencegah goresan dan terpeleset dari tangan.

3. Performa realme C25

Realme C25 ditenagai SoC kelas entri berlabel gaming, yakni MediaTek Helio G70. Chipset delapan inti ini dibikin dengan proses manufaktur 12 nm. Di dalam chipset ini terdapat core klaster kencang berarsitektur Cortex A75 (2×2,0 GHz) dan core klaster irit daya berbasis Cortex A55 (6×1,7 GHz). Ada juga GPU Mali G52 (823 MHz).

Skor Antutu 8 yang dihasilkan realme C25 sekitar 200 ribuan. Angka ini cukup bagus buat HP kelas entri. Bahkan stabilitas performanya mencapai 99,5 persen dalam uji 3D Mark Wilf Life Stress Test.

Berbekal chipset Helio G70, realme C25 lancar menjalankan berbagai gim yang diujikan Jagat Review. Seperti PUBG Mobile yang tembus 40 fps pada pengaturan grafik Smooth-Ultra.

Baca Juga:  Cegah Klaster Baru, Kapolda Sumut Tegaskan Perketat Pengawasan Objek Wisata

Gim Mobile Legend lebih mantap lagi karena bisa menghasilkan 60 fps pada pengaturan grafik HD-High Frame Rate.

4. Kapasitas Memori realme C25

Realme C25 tersedia dalam dua varian memori internal, yakni 64 GB dengan RAM 4 GB, dan 128 GB dengan RAM 4 GB. Kapasitas tersebut cukup buat standar masa kini. Bahkan dengan storage 128 GB, belasan gim HD dan film bisa masuk.

Realme tetap memberikan slot microSD sebagai opsi untuk menambah ruang simpan. Slot yang diberikan tentu saja tidak hybrid alias terpisah dari dua nanoSIM. Anda pun bisa memasang kartu microSD dengan ukuran maksimal 256 GB.

5. Baterai realme C25

Ponsel realme seri C memang terkenal dengan kapasitas baterainya yang luar biasa. Kali ini realme C25 mencerminkan hal itu dengan baterai 6000 mAh-nya. Di sisi lain, upaya realme agar nyala HP bisa lama tidak berhenti di peningkatan kapasitas baterai.

Ada fitur-fitur lain yang berfungsi untuk mengoptimalkan baterai. Seperti App Quick Freeze yang gunanya untuk meminimalkan penggunaan daya oleh aplikasi, dan mode Super Power Saving.

Baca Juga:  Berikut Ramalan Zodiak untuk Taurus Hari Ini

Pada mode Super Power Saving, daya baterai yang hanya tersisa 5 persen bisa dimaksimalkan pemakaiannya. Misalnya, untuk chatting di WhatsApp sampai 1,93 jam, atau menelepon di jaringan 3G selama 2,18 jam.

6. Sensor dan Konektivitas realme C25

Sensor-sensor yang disertakan untuk realme C25 terbilang cukup lengkap. Ada sensor cahaya, proksimitas, akselerometer, kompas, dan sidik jari (belakang), ada juga giroskop meskipun responnya tidak terlalu gegas saat dipakai untuk main gim.

Keberadaan sensor yang lengkap merupakan berkah tersendiri buat ponsel kelas entri. Pasalnya, tidak sedikit produsen yang mengorbankan sisi sensor demi menggenjot sektor lain di sebuah ponsel. Selain sensor, konektivitas yang dipunyai realme C25 juga terbilang lengkap.

Dukungan jaringan 5G memang belum ada, sangat wajar buat kelas harganya, namun, Wi-Fi generasi kelima (5 GHz) sudah bisa tersambung di ponsel ini. Kemudian, realme C25 juga mendukung Bluetooth 5.0, USB On-The-Go, dan Radio FM. (Red)